RETNO SEPNIA NINGRUM, 12205173134 (2021) KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MIFTAHUL HUDA JATI KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (294kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (534kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Dalam Meningkatan Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran Tematik Di Mi Miftahul Huda Jati Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Retno Sepnia Ningrum, NIM 12205173134, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2021, Dosen Pembimbing Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Upaya Guru, Kualitas Mengajar, Masa Pandemi Covid-19, Mata Pelajaran Tematik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya kesulitan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik adalah karena sinyal yang sulit masuk ke desa. Proses yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi covid-19 adalah dengan bekerjasama dengan walimurid. Hal ini dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut serta melihat apakah proses pembelajaran sudah berjalan secara efektif atau belum diukur dari segi metode, materi, media dan penilaiannya. Rumusan masalah : (1) Bagaimana proses yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 siswa kelas IV Mata Pelajaran Tematik (2) Apa saja faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 siswa kelas IV Mata Pelajaran Tematik (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar dimasa pandemi Covid-19 siswa kelas IV Mata Pelajaran Tematik. Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 siswa kelas IV Mata Pelajaran Tematik (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar dimasa pandemi Covid-19 siswa Kelas IV Mata Pelajaran Tematik (3) Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 siswa kelas IV Mata Pelajaran Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian : (1) proses yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya yaitu menggunakan WA Sebagai media pembelajaran, menyiapkan RPP dengan alokasi waktu yang terbatas dan meningkatkan strategi, metode serta pendekatan dalam pembelajaran, (2) faktor pendukung yaitu guru profesional, guru menggunakan internet sebagai referensi dalam menggali wawasan, menjadi guru yang komunikatif. Sedangkan untuk hambatannya yaitu materi yang terbatas, kurangnya pendampingan dari wali murid dan kejenuhan yang dialami oleh peserta didik, (3) cara mengatasi hambatan yang dihadapi guru yaitu memberikan materi yang singkat, padat namun jelas, pihak sekolah juga melaksanakan pelatihan yang berguna dalam meningkatkan kualitas guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173134 RETNO SEPNIA NINGRUM |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23105 |
Actions (login required)
View Item |