STRATEGI GURUPADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERBASIS DARING SISWA KELAS VIII PADA MASA PANDEMI DI MTS AL-MUSLIHUN TLOGO

AMALA EKASARI, 12210173083 (2021) STRATEGI GURUPADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA BERBASIS DARING SISWA KELAS VIII PADA MASA PANDEMI DI MTS AL-MUSLIHUN TLOGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru pada Pembelajaran Teks Drama Berbasis Daring Siswa Kelas VIII pada Masa Pandemi di MTs Al-Muslihun Tlogo” ini ditulis oleh Amala Ekasari, NIM. 12210173083, pembimbing Mustofa, S. S., M. Pd. Kata kunci : Strategi, Guru, Teks Drama Dalam rangka mewujudkan suatu pendidikan yang berhasil dan menjadikan anak didik semangat untuk belajar, maka perlu adanya seorang pendidik yang profesional diantaranya adalah harus mempunyai strategi tersendiri dalam kegiatan pembelajaran dan sekiranya dapat direspon oleh anak didik. Namun, adanya pandemi Covid-19 ini, pendidikan dituntut untuk melakukan penyesuaian dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh. Peneliti melakukan penelitian di MTs Al-Muslihun Tlogo dikarenakan sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah di Blitar yang menggunakan media daring dalam pembelajaran selama masa pandemi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi guru dalam pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Musllihun Tlogo?, (2) bagaimana kendala yang dialami guru dalam menerapkan strategi pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Tlogo?, (3) bagaimana upaya untuk mengatasi kendala yang dialami guru dalam menerapkan strategi pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Tlogo?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII Mts Al-Muslihun Tlogo, (2) mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan strategi pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Tlogo, (3) mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala yang dialami guru dalam menerapkan strategi pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Tlogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui proses penerapan strategi dalam pembelajaran teks drama yang diterapkan guru pada siswa kelas VIII. Wawancara digunakan untuk mengetahui kendala dan upaya yang dialami guru saat menerapkan strategi dalam pembelajaran teks drama pada siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi guru dalam pembelajaran teks drama berbasis daring siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Tlogo ini menggunakan strategi berbasis proyek dengan menggunakan metode saintifik. Kendala yang dialami pada saat pembelajaran daring juga sangat beragam. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut ialah memberikan kuota gratis kepada siswa agar mempermudah dalam proses pembelajaran daring, memberikan tenggang waktu untuk mengumpulkan tugas, mengunggah materi di Youtube untuk mengurangi pemenuhan memori gawai siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Daring
Pandemi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173083 AMALA EKASARI
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:14
Last Modified: 25 Nov 2021 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item View Item