PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI POS PAUD BINTANG ANANDA BOTORAN TULUNGAGUNG

HIDAYATUL HUSNA, 12206173115 (2021) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI POS PAUD BINTANG ANANDA BOTORAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hidayatul Husna. 12206173115. 2021 “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung.” Jurusan Pendidikan Islam Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa Penelitian pada skripsi ini dilatar belakangi dari keterlibatan orang tua dalam menentukan prestasi belajar siswa sangatlah besar. Keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama, menejemen orang tua dalam memberikan pendidikan anak di dalam rumah, disekolah, dan dimasyarakat menjadi tujuan keberhasilan akademis anak. Oleh karena itu, keluarga mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan pendidikan anak untuk mewujudkan cita-citanya. Pendidkan keluarga adalah proses seumur hidup yang berlangsung sepanjang masa, sehingga setiap orang memperoleh nilai, sikap, keterampilan dan pengetahuan yang berasal dari pengalaman hidup sehari-hari, pengaruh lingkungan termasuk pengaruh kehidupan keluarga, hubungan dengan tetangga, lingkungan kerja dan bermain, pasar, perpustakaan dan media massa. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh dari keterlibatan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) atau penolakan dalam bentuk dokumen data empiris lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar daring terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,003 < probabilitas 0,05 dan diketahui dari nilai t hitung 3,318 > t tabel 2,048, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dilihat dari nilai R square 2,82%. Menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar daring terhadap hasil belajar siswa di Pos PAUD Bintang Ananda Botoran Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173115 HIDAYATUL HUSNA
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:02
Last Modified: 17 Nov 2021 01:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23121

Actions (login required)

View Item View Item