ANALISIS KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PLSV DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII-F SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INDAH FEBI FAUZIYAH, 12204173066 (2021) ANALISIS KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PLSV DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII-F SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kebiasaan Berpikir Matematis Pada Pemecahan Masalah Matematika Materi PLSV Ditinjau Dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII-F SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Indah Febi Fauziyah, NIM. 12204173066, 2021, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Kebiasaan Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, Kebiasaan Berpikir, Kepercayaan Diri, Tingkat Kepercayaan Diri. Kebiasaan berpikir matematis merupakan kecenderungan untuk berpola pikir secara matematis dimana pola pikir tersebut digunakan untuk mengerjakan suatu permasalahan matematika yang tidak diketahui menjadi segera diketahui solusinya. Dalam setiap pembelajaran khususnya pembelajaran matematika, kepercayaan diri siswa sangat diperlukan. Saat siswa memiliki kepercayaan diri siswa tersebut akan mengeluarkan semua potensinya dalam belajar matematika. Serta memiliki keyakinan diri saat mengerjakan setiap permasalahan matematika yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir matematis pada pemecahan masalah matematika materi plsv ditinjau dari tingkat kepercayaan diri yang tinggi siswa kelas VII-F SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir matematis pada pemecahan masalah matematika materi plsv ditinjau dari tingkat kepercayaan diri yang sedang siswa kelas VII-F SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir matematis pada pemecahan masalah matematika materi plsv ditinjau dari tingkat kepercayaan diri yang rendah siswa kelas VII-F SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitan adalah 6 siswa kelas VII-F dengan 3 kriteria siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sedang, dan rendah dengan masing – masing kriteria adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi memiliki kebiasaan berpikir matematis yang tinggi, dimana siswa tersebut mampu memenuhi semua indikator dari kebiasaan berpikir matematis, 2) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang sedang memiliki kebiasaan berpikir matematis yang sedang, subjek hanya mampu memenuhi empat indikator dari kebiasaan berpikir matematis dan hanya memenuhi tiga indikator dari kebiasaan berpikir , 3) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah memiliki kebiasaan berpikir matematis yang rendah, subjek tidak mampu memenuhi semua indikator dari kebiasaan berpikir matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173066 Indah Febi Fauziyah
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:41
Last Modified: 16 Nov 2021 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

View Item View Item