HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MIFTAHUL HUDA CENTONG 01 KANIGORO BLITAR

AENA LAELATUL FIKRIYA, 12205173194 (2021) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MIFTAHUL HUDA CENTONG 01 KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Pemberian Reward dan Ice Breaking dengan Minat Belajar Siswa dalam Pembelejaran Tematik Kelas V MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar” di tulis oleh Aena Laelatul Fikriya, NIM 12205173194, Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Reward, Ice Breaking, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar siswa yang masih rendah, pemberian reward dan ice breaking merupakan salah satu cara guru untuk menciptakan suasana pembelajaran menjadi aktif, kreatif, inovatif, dan edukatif dalam pembelajarannya serta menciptakan minat belajar siswa lebih baik lagi di MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar. Selain itu juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik serta muncul rasa semangat untuk mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah hubungan pemberian reward dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Huda Centong 01? 2. Adakah hubungan ice breaking dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Huda Centong 01? 3. Adakah hubungan antara pemberian reward dan ice breaking dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Huda Centong I?. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan ada hubungan dan tidaknya pemberian reward dan ice breaking dengan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian metode korelasi multivariate untuk mengukur antar kombinasi variabel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat korelasi antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar sebanyak 26 siswa. Sampling dalam penelitin ini menggunakan teknik nonprobability sampling. Sampelnya yaitu menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner atau angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu a) uji instrument (validitas dan reliabilitas b) uji prasarat (uji normalitas dan uji linieritas) c. uji hipotesis (uji korelasi product moment dan uji korelasi berganda). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Ada hubungan pemberian reward dengan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji korelasi product moment diketahui bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa diperoleh hasil 0,900 masuk kriteria 0,80 s/d 1,000 sehingga dapat dinyatakan hubungan sangat kuat, dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 dengan interprestasi H0 ditolak, Ha diterima. (2) Ada hubungan pemberian ice breaking dengan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan xx uji korelasi product moment pearson diperoleh hasil 0,933 masuk kriteria 0,80 s/d 1,000 sehingga dapat dinyatakan hubungan sangat kuat, dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 dengan interprestasi H0 ditolak, Ha diterima. (3) Ada hubungan pemberian reward dan ice breaking dengan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Centong 01 Kanigoro Blitar, bahwa ada hubungan positif dan signifikan Berdasarkan hasil pengujian uji hipotesis dengan uji korelasi berganda dengan memperoleh nilai Sig. F Change signifikansinya 0,000 < 0,05. Derajat hubungan pemberian reward dan ice breaking dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik dapat dilihat melalui nilai R (Koefisien Korelasi). Nilai R pada tabel 4.19 hasil uji korelasi berganda yakni memiliki nilai sebesar 0,937 dikategorikan mempunyai hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173194 Aena Laelatul Fikriya
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:26
Last Modified: 22 Nov 2021 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item