KEMAMPUAN INTUISI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GENDER KELAS IX SLB C NEGERI TULUNGAGUNG

DEFI SAFITRI, 12204173129 (2021) KEMAMPUAN INTUISI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GENDER KELAS IX SLB C NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Intuisi Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gender Kelas IX SLB C Negeri Tulungagung” yang ditulis oleh Defi Safitri, NIM.12204173129, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Intuisi, Pemecahan Masalah, Gender. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya perhatian guru terhadap kemampuan intuisi siswa yang berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan masalah matematika. Seringkali pada saat siswa menyelesaikan masalah matematika guru belum memaksimalkan memberi kebebasan berfikir kepada siswa. Sehingga, siswa belum sepenuhnya melibatkan intuisinya dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan intuisi siswa laki-laki berkebutuhan khusus dalam pemecahan masalah matematika materi bangun datar, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan intuisi siswa perempuan berkebutuhan khusus dalam pemecahan masalah matematika materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SLB C Negeri Tulungagung dengan mengambil 2 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 2 siswa berjenis kelamin perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan data hasil tes soal siswa dan data wawancara dengan siswa. Tes yang mencakup materi bangun datar persegi. Analisis yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa laki laki pada tahap memahami masalah menggunakan intuisi afirmatori yang bersifat langsung, pada tahap merencanakan pemecahan masalah menggunakan intuisi antisipatori yang bersifat global, tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap memeriksa jawaban masalah tidak menggunakan intuisi. (2) siswa perempuan pada tahap memahami masalah menggunakan intuisi afirmatori yang bersifat langsung, pada tahap merencanakan pemecahan masalah menggunakan intuisi afirmatori yang bersifat global, tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap memeriksa jawaban masalah tidak menggunakan intuisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173129 DEFI SAFITRI
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:26
Last Modified: 18 Nov 2021 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23148

Actions (login required)

View Item View Item