STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ULFA HANIFATUL ZHARO, 12205173133 (2021) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang Berjudul “Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Daring (Online) dalam Meningkatkan Minat Belajar Tematik Siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ulfa Hanifatul Zharo Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Media Pembelajaran Daring, Minat Belajar Tematik Strategi adalah proses atau cara yang digunakan oleh guru dalam menetapkan langkah-langkah utama untuk mengajar agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran online saat ini dibutuhkan strategi dan media yang berbeda dengan pembelajaran saat tatap muka. Penggunaan strategi dan media yang mendukung pembelajaran online, dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian dalam skripsi ini seorang guru harus mempunyai strategi dalam menggunakan media pembelajaran online agar tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Khususnya pada mata pelajaran tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menekankan agar siswa lebih kreatif dan inovatif serta mencari pengetahuan sendiri, oleh karena itu diperlukan strategi penggunaan media pembelajaran online untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring pada pembelajaran tematik di kelas IV dan kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik? 2) Bagaimana metode penggunaan media pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, guru kelas V dan Kepala Sekolah MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran tematik di kelas IV dan V sudah efektif. 2) Metode –metode yang digunakan selama pembelajaran online sudah dapat mendukung pembelajaran tematik saat ini. 3) Media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring yaitu E-Learning dan whatsapp group sudah efektiv, karena dilengkapi fitur kelas online, tempat pengisian kehadiran, bahan ajar dan tempat pengiriman tugas yang memudahkan siswa dalam pembelajaran online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173133 ULFA HANIFATUL ZHARO
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:41
Last Modified: 22 Nov 2021 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item View Item