PENGARUH DONGENG MELALUI MEDIA DIGITAL YOUTUBE DAN ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA KOTA MOJOKERTO

JIHAN LUTHFIAH, 12206173001 (2021) PENGARUH DONGENG MELALUI MEDIA DIGITAL YOUTUBE DAN ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA KOTA MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jihan Luthfiah. 12206173001. 2021 “Pengaruh Dongeng Melalui Media Digital Youtube Dan Zoom Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata kunci: Dongeng Media Digital Youtube dan Dongeng Media Digital Zoom, Kemampuan Menyimak Latar belakang dari skripsi ini yaitu Peneliti ingin meneliti kemampuan menyimak anak karena kemampuan menyimak adalah kemampuan pertama yang harus dimiliki seorang anak agar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa selanjutnya. Tantangan yang dialami oleh pendidik di masa pandemic untuk memberikan dongeng adalah tidak bisa berjumpa dan mendampingi peserta didik secara langsung padahal dongeng dapat menstimulus kemampuan menyimak anak. Skripsi ini memiliki beberapa rumusan masalah yakni: 1) Apakah ada pengaruh dongeng melalui media digital Youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto? 2) Apakah ada pengaruh dongeng melalui melalui media digital Zoom terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto? 3) Apakah ada pengaruh secara bersamaan pemberian dongeng melalui media digital Youtube dan Zoom terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto? Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan menggunakan model quasi experimental. Total jumlah populasi anak berumur 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021 yaitu 30 anak yang dibagi ke dalam 3 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 0 anak. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah total sampling yang artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Kemampuan menyimak dongeng anak melalui media digital Zoom di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto pada usia 5-6 tahun terdapat pengaruh yang positif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai Sig Uji One Way Anova 0.004 < 0.05 yang berarti H1 diterima, sedangkan H0 ditolak. 2) Kemampuan menyimak dongeng anak melalui media digital Youtube di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto pada usia 5-6 tahun terdapat pengaruh yang positif . hal tersebut dibuktikan dengan hasil Sig Uji One Way Anova 0.004 < 0.05 yang berarti H1 diterima, sedangkan H0 ditolak. 3) Kemampuan menyimak dongeng anak menggunakan media digital Zoom dan Youtube di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto pada usia 5-6 tahun memiliki pengaruh yang bersamaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Sig Uji Post Hoc media digital Zoom dan Youtube yaitu 0.898 > 0.05 yang berarti terdapat pengaruh bersama-sama antara media digital Zoom dan Youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Luthfiah Jihan
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:33
Last Modified: 23 Nov 2021 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item