PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR BUDAYA, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BMT PAHLAWAN NGEMPLAK TULUNGAGUNG DAN BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

OKY RIAN SAGITA, 12401173507 (2021) PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR BUDAYA, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BMT PAHLAWAN NGEMPLAK TULUNGAGUNG DAN BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Faktor Sosial, Faktor Budaya, Faktor Pribadi, dan Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Oky Rian Sagita, NIM. 12401173507, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku manusia untuk menjalankan hidupnya yang tidak lepas dari aktivitas kegiatan ekonomi, sehingga ekonomi merupakan bagian yang telah melekat dari kehidupan, maka semua bentuk aktivitas ekonomi haruslah berada dalam lingkup ajaran Islam. Ekonomi Islam atau ekonomi syariah yang memperjuangkan sistem bebas ribanya dipandang sebagai solusi untuk memecahkan serangkaian masalah perekonomian yang dipercayai disebabkan oleh sistem bunga. Disini perbankan syariah berperan penting dalam memperjuangkan sistem ekonomi syariah yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 2) untuk mengetahui pengaruh faktor budaya terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 3) untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 4) untuk mengetahui pengaruh faktor gaya hidup terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 5) untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor budaya, faktor pribadi, faktor gaya hidup secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden yaitu nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 99 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel 1) faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 2) faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 3) faktor Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 4) faktor gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung, 5) faktor sosial, faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di Bmt Pahlawan Ngemplak Tulungagung dan Bmt Istiqomah Karangrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Bunga Bank
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173507 Oky Rian Sagita
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:47
Last Modified: 24 Nov 2021 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item