FIRDA ROHMATUL AZIZAH, 12402173259 (2021) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Wates Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (695kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (891kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (680kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Wates Kabupaten Kediri) ini ditulis oleh Firda Rohmatul Azizah, NIM. 12402173259, pembimbing Suminto, M.Pd.I. Penelitian dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis, baik antar pedagang pasar tradisional maupun dengan pasar pasar modern. Menanggapi hal tersebut, para pedagang harus lebih pandai dalam memilih dan menerapkan strategi pemasaran agar produk yang dijual oleh pedagang pasar tradisional tetap diminati oleh pembeli sehingga pasar tradisional tetap eksis di masyarakat dan tidak kalah saing dengan pasar modern. Terlepas dari itu, dalam menjalankan bisnis hendaknya dilakukan dengan benar sesuai dengan syariat islam. Sehingga ditengah maraknya toko yang berbasis modern, para pedagang dapat bertahan dan mendapatkan keberkahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi produk yang dilakukan oleh pedagang di pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri, (2) Untuk mendiskripsikan strategi harga yang dilakukan oleh pedagang di pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri, (3) Untuk mendiskripsikan strategi promosi pedagang pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri, (4) Untuk mendiskripsikan implementasi strategi pemasaran pedagang pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri menurut ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga jalur analisis data kualitatif yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Strategi produk yang dilakukan oleh para pedagang pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri yaitu berdasarkan beberapa indikator yang terdiri dari kualitas, keragaman, desain, kemasan, ukuran, pelayanan, jaminan dan pengembalian. (2) Strategi harga yang dilakukan oleh para pedagang pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri dilihat berdasarkan keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga dan kesesuaian harga dengan manfaat. (3) Strategi promosi yang dilakukan oleh para pedagang pasar tradisional Wates Kabupaten Kediri dilakukan secara personal selling. Selain itu para pedagang pasar Wates juga memberikan potongan harga atau diskon terhadap pelanggannya serta pembeli yang membeli produk dengan jumlah banyak. (4) Implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar Wates Kabupaten Kediri yaitu berdasarkan sifat berdagang yang diajarkan Rasulullah. Diantaranya adalah shiddiq (jujur / benar), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathanah (cerdas). Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pedagang Pasar Tradisional, Ekonomi Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pasar Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402173296 Siti Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 04:11 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23243 |
Actions (login required)
View Item |