IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI HAYYA ALAL FALAH KABUPATEN NGANJUK

NURLINA MUFIDAH, 12205173306 (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI HAYYA ALAL FALAH KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Daring (e-learning) dalam Mata Pelajaran Fiqih di Kelas V MI Hayya Alal Falah Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Nurlina Mufidah, NIM.12205173306, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2021, Dosen pembimbing Dr.H.As’aril Muhajir,M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Metode Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena di era pandemi Covid-19 saat ini yaitu penerapan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran daring merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Dalam hal ini penulis meneliti tentang implementasi metode pembelajaran daring dalam mata pelajaran fiqih kelas V yang dilaksanakan di MI Hayya Alal Falah Kabupaten Nganjuk. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana mengimplementasikan metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah, (2) Apakah faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah, (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan dalam implementasi metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah, (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah, (3) Untuk mendeskripsikan cara mengatasi hambatan dalam implementasi metode pembelajaran daring dalam pembelajaran Fiqih kelas V di MI Hayya Alal Falah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologis. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi metode pembelajaran daring pada kelas V yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi dan media sosial seperti whatsapp dan imtera, 2) Faktor penghambat dalam pengimplementasian metode pembelajaran daring yaitu materi yang terbatas, kurangnya pendampingan dari wali murid selama pelaksanaan pembelajaran daring dan kejenuhan yang dialami oleh siswa, 3) Cara mengatasi hambatan dalam implementasi metode pembelajaran daring adalah dengan membuat Inovasi baru dalam penyajian pembelajaran seperti video pembelajaran yang interaktif dan penyajian materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173306 NURLINA MUFIDAH
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:51
Last Modified: 26 Nov 2021 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item