PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

TITIS FAUZI NISA’, 12205173074 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Edukatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Tit is Fauzi Nisa’ NIM 12205173074, Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Media , Alat Peraga, Hasil Belajar Masa pandemi yang menjadi kendala dibidang pendidikan ini menjadi masalah yang besar bagi semua jenjang pendidikan. Semua kegiatan pembelajaran mengalami kendala dalam proses pembelajarannya. Semua guru dan siswa dituntut untuk menjalankan Pendidikan dengan sistem daring atau online dengan menggunakan berbagai aplikasi penunjang online. Penerapan pembelajaran daring ini menuntut guru diharuskan membuat media online yang menarik untuk menunjang kegiatan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media alat peraga edukatif terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media alat peraga edukatif terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode penelitian quasi exsperimental design. Lokasi penelitian terletak di Ds. Betak, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian peserta didik kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Sampel penelitian adalah kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Dari nilai rata-rata (mean) yang diperoleh, mean kelompok eksperimen yang awalnya 60,08 berubah menjadi 83,85. Sedangkan mean kelompok kontrol yang awalnya 60,69 berubah menjadi 74,19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mean kelompok yang menggunakan media pembelajaran berbasis alat peraga edukatif mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada kelompok yang menggunakan media konvensional sehingga Media alat peraga edukatif beerpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA kelas V MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, (2) Perhitungan persen dari rata-rata hasil posttest menunjukkan besarnya pengaruh penggunaan media alat peraga edukatif yang diujikan terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ini sebesar 76,56%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173074 Fauzi Nisa' Titis
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:46
Last Modified: 29 Nov 2021 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item