MANAJEMEN STRATEGIK PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus Di Sman 1 Boyolangu Dan MAN 2 Tulungagung)

MARSYA AISSATHU ROHMAH, 12501184014 (2021) MANAJEMEN STRATEGIK PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus Di Sman 1 Boyolangu Dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis berjudul “Manajemen Strategik Program Literasi dalam Meningkatkan Mutu Pendid (Studi Multikasus di SMAN 1 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung)”ini ditulis oleh Ma ‘Aissathu Rohmah, NIM. 12501184014, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana I Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag, selaku pembimbing I dan Prof Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, selaku pembimbing II. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Program Literasi, dan Mutu Pendidikan Manajemen strategis membantu organisasi memformulasikan strategi yang lebih dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis dan rasional untuk pilihan stra Program literasi sekolah menjadi salah satu program penting yang harus diformulas menggunakan konsep manajemen strategik, mengingat tujuan program ini adalah meningka mutu pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian yaitu, 1) mengetahui formulasi stra program literasi dalam meningkatkan mutu pengelolaan, sarana prasarana, dan tenaga pend di SMAN 1 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung; 2) mengetahui implementasi stra program literasi dalam meningkatkan mutu pengelolaan, sarana prasarana, dan tenaga pend di SMAN 1 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung; 3) mengetahui evaluasi strategik pro literasi dalam meningkatkan mutu pengelolaan, sarana prasarana, dan tenaga pendidik di SM 1 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung, karena han sekolah yang menerapkan program literasi sekolah di Tulungagung, sehingga diambil 2 sek tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan studi kasus yang bertujuan mengamati secara mendalam fenomena dalam formu implementasi, dan evaluasi manajemen strategik program literasi sekolah. Sedan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengcekan internal (credibility), pengec eksternal (transferability), reabilitas (dependability), dan obyektifitas (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Formulasi strategik program literasi di SMA Boyolangu dan MAN 2 Tulungagung dilakukan melalui beberapa cara, yaitu pembentukan perumusan program, menentukan design program yang bertujuan untuk meningkatkan m pendidikan (seperti: perumusan tujuan program, visi misi, rencana pelaksanaan program, tu jangka pendek-menengah-panjang, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang d mempengaruhi program); 2) Implementasi strategik program literasi di SMAN 1 Boyolangu ini dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia dan dipantau langsung oleh Kepala Sekolah Wakasek Kurikulum. Sedangkan program literasi di MAN 2 Tulungagung dijalankan se bersama-sama oleh Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, 2 penanggung jawab literasi, g guru pelajaran jam pertama, dan 1 penggerak literasi dari masing-masing kelas. Peningk mutu pendidik dilakukan melalui workshop dan penyusunan perangkat pembelajaran se dengan kurikulum 2013; 3) Evaluasi strategik program literasi di SMAN 1 Boyolangu dilak melalui pengecekan review buku, rapat dinas guru Bahasa Indonesia, rapat guru bersama Ke Sekolah dan Wakasek Kurikulum. Sedangkan di MAN 2 Tulungagung evaluasi stra dilakukan melalui pengecekan absen dan jurnal literasi setiap bulan, rapat internal penang jawab literasi, rapat bersama Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum, rapat bers penanggung jawab program literasi, guru kelas pelaksana literasi, Kepala Sekolah, dan WakKurikulum, serta rapat dengan tim literasi dinas pendidikan di bawah Kemenag Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501184014 MARSYA AISSATHU ROHMAH
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:01
Last Modified: 01 Dec 2021 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23285

Actions (login required)

View Item View Item