ULFA AMIN, 17402163671 (2021) STRATEGI BERTAHAN PELAKU USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BISNIS ONLINE ADZKIA HIJAB SYARI TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (466kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (595kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bertahan Pelaku Usaha di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bisnis Online Adzkia Hijab Syari Tulungagung)” ini ditulis oleh Ulfa Amin, NIM. 17402163671, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya virus covid 19 pertama kali di Wuhan, China kemudian dengan sangat cepat menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, kemudian oleh WHO ditetapkan sebagai pandemi. Virus ini menimbulkan perubahan di segala bidang hingga mengakibatkan krisis ekonomi global. Banyak perusahaan besar hingga UMKM yang dikenal dengan usaha yang tahan akan krisis ikut terdampak dan mengalami kesulitan untuk bertahan. Hal tersebut juga dialami oleh salah satu UMKM di Kabupaten Tulungagung, yaitu Adzkia Hijab Syari yang juga mengalami penurunan penjualan sejak adanya pandemi covid-19 dan demi berlangsungnya usaha, Adzkia Hijab berusaha untuk tetap bertahan di masa pandemi ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja Adzkia Hijab Syari di tengah masa pandemi covid-19 ? (2) Bagaimana cara Adzkia Hijab Syari mempertahankan usaha bisnis di tengah masa pandemi Covid-19 ? (3) Apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat mempertahankan usaha bisnis di tengah masa pandemi covid-19 ?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja Adzkia Hijab pada masa pandemi covid 19 di bidang produksi dan pemasaran mengalami penurunan. Di bidang pengiriman paket mengalami keterlambatan. Tetapi Adzkia Hijab tetap bertahan dengan melakukan adaptasi dan perencanaan strategi hingga untuk jangka waktu panjang. Kinerja tersebut dikenal dengan kinerja strategik (2) Cara Adzkia Hijab dalam mempertahankan usaha bisnis di tengah masa pandemi covid 19 yaitu dengan inovasi, kreativitas, dan produktivitas, promosi dan penjualan secara online melalui sosial media maupun marketplace, promosi selain secara hard selling tetapi juga soft selling dengan content marketing, sales promotion dengan promo diskon dan giveaway, public relation dengan mengunggah testimoni pelanggan dan pengiriman pesan broadcast, meningkatkan kualitas pelayanan (3) Kendala yang dihadapi Adzkia Hijab dalam mempertahankan usaha yaitu produk yang dibuat kurang diterima pasar dan human error. Faktor pendukungnya dalam mempertahankan usaha yaitu berjualan secara online, faktor inovasi produk, pelayanan yang baik dan fast respon, kualitas produk terjaga, dan kemitraan. Faktor penghambatnya dalam mempertahankan usaha yaitu dari faktor eksternal adalah pelemahan daya beli masyarakat dan dari faktor internal adalah kesalahan dalam membaca selera pasar. Kata Kunci: Covid-19, Kinerja Usaha, UMKM, Strategi Bertahan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163671 ULFA AMIN |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23309 |
Actions (login required)
View Item |