FATINA SAMA, 17210163105 (2020) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA DALAM TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP IT AL-ASROR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Penulisan Kata dalam Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP IT AL-Asror” disusun oleh Fatina Sama, NIM 17210163105, Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Analisis kesalahan, penulisan kata. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Tujuan pertama, yaitu untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror. Tujuan yang kedua yaitu mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror. Tujuan yang ketiga mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror. Pada teks cerpen karya siswa, terdapat beberapa kesalahan penulisan kata. Kesalahan penulisan kata sering terjadi dalam karangan siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penguasaan terhadap penggunaan penulisan kata. Oleh karena itu, peneliti meneliti tentang kesalahan penulisan kata agar guru mata pelajaran Bahasa Indonesia memperhatikan penulisan kata siswa mampu menggunakan penulisan kata dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah (1) Bagaimana bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror? (2) Bagaimana bentuk kesalahan pengunaan kata ulang dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror? (3) Bagaimana bentuk kesalahan pengunaan singkatan kata dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror. Adapun tujuan penelitian ini Tadalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror, mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror, dan mendeskripsikan bentuk kesalahan pengunaan kata depan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al Asror. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari karya siswa yaitu teks cerpen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan membaca satu persatu semua karangan teks cerpen siswa, menganalisis kesalahan penulisan kata teks cerpen siswa kelas VII SMP IT Al-Asror. Hasil analisis bentuk kesalahan penulisan kata dalam teks cerpen siswa bahwa terjadi 62 kesalahan yang terdiri dari 20 kesalahan penulisan kata depan “di”, 4 kesalahan penulisan kata depan “ke”, 11 kesalahan kata ulang, dan 27 kesalahan singkatan kata. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penulisan kata dalam teks cerpen, kesalahan terbanyak terjadi pada penulisan singkatan kata. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa penyebab kesalahan penulisan kata yang sering terjadi, yaitu siswa belum memahami penulisan kata, adanya kebiasaan dari siswa itu sendiri dalam penulisan kata, siswa kurang memperhatikan dalam penulisan, kurangnya penguasaan penulisan kata, dan ketidaktelitian siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Cerpen Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163105 FATINA SAMA |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 03:40 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23312 |
Actions (login required)
View Item |