PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK

WAKI DATU ROHMAH, 12201173122 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Islami Peserta Didik di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Waki Datu Rohmah, NIM. 12201173122. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh semakin turunnya degradasi moral di kalangan remaja yang berkaitan dengan norma kehidupan baik agama maupun sosial. Untuk itu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai peranan penting dalam mencetak peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang berprestasi dan beriman dan bertaqwa. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai karakter Islami kepada peserta didik, sehingga tidak hanya mengajarkan materi saja akan tetapi penerapan juga perlu dilakukan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian nilai-nilai karakter Islami tidak hanya sekedar teori namun akan tercermin pada perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, guru PAI berperan penting dalam perkembangan akhlak peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar tercapai output yang berkualitas. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan karakter ramah dan santun peserta didik di MAN 1 Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MAN 1 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Trenggalek. (3) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan karakter ramah dan santun peserta didik di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di MAN 1 Trenggalek. Data yang peneliti dapatkan dari Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: (1) Peran guru PAI dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MAN 1 Trenggalek adalah guru sebagai teladan, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pendorong bagi siswanya. Seperti halnya dengan membiasakan para peserta didik untuk selalu berdo’a terlebih dahulu ketika akan memulai pembelajaran, melaksanakan sholat berjamaah, menghafalkan asmaul husna, membaca al-Qur’an dan menghafal surah-surah pendek al-Qur’an. Di MAN 1 Trenggalek guru juga berperan sebagai penyelenggara rutinan 3 bulan sekali dengan membentuk tim kerohanian Islam yang kemudian melakukan kegiatan keagamaan dengan mengadakan ziarah kubur. (2) Peran guru PAI dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Trenggalek dimulai dari membiasakan peserta didik untuk datang tepat waktu serta pemberian tugas-tugas sekolah seperti PR atau yang lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar peserta didik dapat memiliki sikap disiplin terhadap waktu dan rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. (3) Peran guru PAI dalam menanamkan karakter ramah dan santun peserta didik di MAN 1 Trenggalek dimulai dengan memberi contoh atau teladan yang baik kepada peserta didik dalam bersikap dan bertindak, selalu menerapkan 3S (senyum, salam, sapa) ketika bertemu orang lain, mengajarkan kepada peserta didik untuk selalu berbicara dengan bahasa yang baik dan benar apalagi ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, serta mengajarkan untuk bersikap ramah terhadap sesama temannya baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173122 Waki Datu Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:28
Last Modified: 20 Dec 2021 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item