UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SUCI LUTFIANA SAFITRI, 12205173240 (2021) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pada Pembelajaran Tematik Integratif di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Suci Lutfiana Safitri NIM 12205173240, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag., Kata Kunci : Kompetensi, pedagogik, guru, pembelajaran, tematik integratif Penelitian ini dilatarbelakangi ketika proses pembelajaran secara daring guru kurang efektif dalam mengelola pembelajaran ada beberapa peserta didik yang kurang antusias selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran sedikit terhambat karena tidak semua peserta didik menerima materi dengan baik. Pembelajaran daring ini membuat peserta didik merasa jenuh karena guru hanya memberikan penugasan secara online (daring). Dalam hal ini penulis membahas terkait upaya guru dalam pengembangan kompetensi pedagogik pada pembelajaran tematik integratif di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran tematik integratif di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022? (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana Kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data peneliti melalui tahap menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi dan wawancara informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran tematik integratif seperti merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, memilih jenis strategi dan metode pembelajaran yang cocok, menentukan langkah-langkah pembelajaran, menentukan cara yang dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik, menentukan bentuk-bentuk pertanyaan yang akan diajukan kepada peserta didik, (2) kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran kegiatan ditunjukkan pada saat pembelajaran guru menggunakan media sesuai dengan materi dan dapat dijangkau oleh peserta didik sehingga pembelajaran terlaksana dengan baik diikuti dengan partisipasi aktif peserta didik, (3) kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi hasil pembelajaran, peserta didik lebih aktif, pembelajaran lebih bermakna. Kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran terlihat ketika proses pembelajaran secara online menggunakan google meeting dengan cara tanya jawab pada saat guru menjelaskan materi, ulangan harian dan melakukan pengamatan sikap peserta didik. Guru sebagai fasilitator untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan membimbing dan mengikutsertakan lomba dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173240 SUCI LUTFIANA SAFITRI
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:57
Last Modified: 01 Dec 2021 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item