PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

ANJAS SANTOSO SUGROHO S, 12211173041 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI) Pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Anjas Santoso Sugroho S, NIM. 12211173041, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI), Hasil Belajar , Keterampilan Berpikir Kritis, Getaran, Gelombang Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) Pembelajaran masih bersifat pasif, suasana pembelajaran di kelas tidak kondusif dan kurang aktif, rendahnya hasil belajar mata pelajaran fisika, Guru belum memaksimalkan penerapan model pembelajaran yang bervariasi, agar peserta didik tidak bosan dalam melakukan pembelajaran. Rendahnya tingkat beragumen, berpendapat dan bertanya peserta didik terhadap guru. Rendahnya tingkat siswa menelaah soal-soal yang ada, dan permasalahan yang diberikan guru saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI) pada materi getaran dan gelombang terhadap berpikir kritis pada peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI) pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar pada peserta didik. Untuk mengetahui model pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI) dalam pada materi getaran dan gelombang terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakana adalah eksperimen. Desain eksperimen yang dipilih pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah True eksperimen desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al Mulihuun Tlogo Kanigoro Blitar, dan sampel yang digunakan adalah kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan VIII-E sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan 3 uji , yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas ), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas ) dan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini Hubungan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan nilai tes keterampilan berpikir kritis dengan signifikansi 0,01, maka “ Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Hubungan model pembelajaran dengan nilai tes hasil belajar memberikan signifikansi 0,02, maka “ Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Hasil Belajar. Nilai signifikansisebesar 0,002. Jadi, kesimpulan yang didapat dari uji signikansi multivariat adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mts Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173041 ANJAS SANTOSO SUGROHO S
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:05
Last Modified: 06 Dec 2021 01:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23372

Actions (login required)

View Item View Item