SISTEM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT ETIKA BISNIS EKONOMI ISLAM DALAM MEMINIMALKAN PRAKTIK DISTORSI PADA PERDAGANGAN DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG

DIAN MELINDA SARI, 12402173559 (2021) SISTEM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT ETIKA BISNIS EKONOMI ISLAM DALAM MEMINIMALKAN PRAKTIK DISTORSI PADA PERDAGANGAN DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Sistem Transaksi Jual Beli Menurut Etika Bisnis Ekonomi Islam Dalam Meminimalkan Praktik Distorsi Pada Perdagangan Di Pasar Ngemplak Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Melinda Sari, NIM 12402173559 pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya etika bisnis dalam transaksi jual beli salah satunya adalah di pasar. Pentingnya pasar sebagai wadah kegiatan jual beli tidak hanya dilihat dari fungsinya secara fisik, namun aturan, dan norma yang terkait dengan masalah pasar. Kecurangan-kecurangan sering sekali terjadi pada pasar tradisional misalnya saja, kecurangan takaran dari timbangan dimana selalu ada saja penjual yang mengurangi berat yang semestinya, pencampuran barang yang berkualitas baik dengan barang yang berkualitas kurang baik, pengganjalan timbangan dengan uang logam atau barang yang lebih berat agar dapat memanipulasi berat takaran. Rumusan masalah ini adalah: (1) Bagaimana penerapan etika transaksi jual beli yang ada di pasar Ngemplak Tulungagung?. (2) Apa saja hambatan dari penerapan transaksi jual beli di pasar Ngemplak Tulungagung?. (3) Apa solusi penerapan transaksi jual beli di pasar Ngemplak Tulungagung menurut etika bisnis Islam untuk meminimalkan praktik distorsi pasar?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis penerapan etika transaksi jual beli yang ada di pasar Ngemplak Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hambatan penerapan transaksi jual beli di pasar Ngemplak Tulungagung menurut etika bisnis Islam untuk meminimalkan praktik distorsi pasar. (3) Untuk mengetahui solusi penerapan transaksi jual beli di pasar Ngemplak Tulungagung menurut etika bisnis Islam untuk meminimalkan praktik distorsi pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Para pedagang sudah menerapkan etika bisnis dengan baik dimana perilaku pedagang di pasar Ngemplak Tulungagung telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, mendahulukan pembeli yang sudah mengantri duluan, memberitahu spesifikasi barang yang dijual kepada pembeli, memperbolehkan pedagang lain menjual barang dagangan yang sama dan bersaing secara sehat, tidak pernah memaksa pembeli, mengganti dagangan ketika ada cacat atau rusak, memberikan tenggang waktu pelunasan hutang, melayani dengan baik dan ramah. (2) Hambatan dari penerapan transaksi jual beli di Pasar Ngemplak Tulungagung salah satunya ialah distorsi pasar, akan tetapi masih ada beberapa pedagang yang tidak menerapkan praktik distorsi pasar, misalnya saja Ibu Sri dan Ibu Muayanah. (3) Solusi yang disarankan oleh peneliti dalam meminimalkan praktik distorsi pasar ialah dengan cara menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sebagai berikut : (a) Prinsip Shiddiq, (b) Prinsip Tauhid, (c) Prinsip Tabliq, (d) Prinsip Fathonah, (e) Prinsip Customer Oriented, (f) Prinsip Persaingan yang Sehat. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Distorsi Pasar, Pasar Ngemplak, Pasar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173559 Dian Melinda Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 00:55
Last Modified: 06 Dec 2021 00:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23373

Actions (login required)

View Item View Item