PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X MA NURUL HIKMAH HAURGEULIS PADA MATERI HUKUM NEWTON

WINUNGSIH, 12211173016 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X MA NURUL HIKMAH HAURGEULIS PADA MATERI HUKUM NEWTON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Siswa X MA Nurul Hikmah Haurgeulis Pada Materi Hukum Newton” ini ditulis oleh Winungsih, NIM, 12211173016, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Husni Cahyadi Kurniawan,M.Si Kata kunci: LKS & PBL, Pemahaman siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya asumsi negatif siswa mengenai mata pelajaran Fisika, kurangnya pemahaman siswa pada materi Hukum Newton dengan hasil pemahaman siswa yang kurang maksimal pada materi Hukum Newton, dan pembelajaran konvensional yang kurang memberi pemahaman sehingga siswa tidak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukannya media dan model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu media dan model yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL). Melalui metode tersebut, siswa dituntut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman siswa kelas X MA Nurul Hikmah Haurgeulis pada materi Hukum Newton. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman siswa kelas X MA Nurul Hikmah Haurgeulis pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan populasi seluruh siswa MA Nurul Hikmah Haurgeulis, sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dikumpulkan kemudian di analisis melalui 3 uji yaitu: uji instrumen yang meliputi (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji homogenitas dan uji normalitas), dan uji hipotesis (uji t independen dan uji N-Gain). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan analisis data uji-t independen menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Siswa kelas X MA Nurul Hikmah Haurgeulis pada materi Hukum Newton dengan nilai signifikan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai mean 77,60 serta kelas kontrol memperoleh nilai mean 48,80. Selain itu, perbandingan sig. (Two-tailed) menunjukkan nilai 0,000 < 0,025 yang berarti Ho ditolak sedangkan

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Percepatan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173016 WINUNGSIH
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:18
Last Modified: 06 Dec 2021 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23388

Actions (login required)

View Item View Item