“ UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015"

DHUHROH, ERNI MIFTAKHU (2015) “ UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADIS DI MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015". [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadis Di Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2014/2015 ” ini ditulis oleh Erni Miftakhu Dhuhroh, NIM. 3211113069, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag Kata kunci: G uru, K esulitan B elajar, Al - Qur’an Hadis Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa di MAN Tlogo Blitar yang menunjukkan gejala tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan, baik dalam menghafal, memahami materi dan sebagainya. Untuk itu, guru harus melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja kesuli tan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana metode yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blit ar tahun ajaran 2014/2015? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? ( 4 ) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis di MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2014/2015? Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai sumbangan pikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai masukan dalam memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang opti mal. Bagi siswa Madrasah Aliyah Tlogo Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar Al - Qur’an Hadis. Bagi pembaca sebagai t ambah an wawasan dan sebagai bahan referensi tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, s ehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Al - Qur’an Hadis . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kalitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan untuk mempe roleh informasi tentang upaya guru Al - Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar siswa MAN Tlogo Blitar. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana dan dokumen Madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar Al - Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan karena faktor kelelahan dan kurangnya minat serta kemauan dari siswa itu sendiri. Terlihat dari xvii siswa dalam menghafal, kurangya minat sehingga ma teri yang disampaikan oleh guru tida bisa diterima dengan baik. Selanjutnya tentang metode pembelajran yang digunaka oleh guru yakni metode ceramah, metode diskusi, metode perm a inan, dan juga metode rew a rd. Kemudian evaluasi yang digunakan oleh guru yakni evaluasi tulisan digunakan untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan juga ulangan akhir semester. Selain evaluasi tulisan, guru juga menggunakan evaluasi bentuk lisan. Bentuk lisan ini digunakan ketika hafalan ayat - ayat Al - Qur’an dan hadis - hadis y ang berkaitan dengan materi pelajaran. Yang terakhir yakni faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yakni tersedianya sarana prasarana yang memadai, dan juga kegiatan keagamaan serta lingkungan yang sangat me n dukung . Sedangan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yakni kurangnya dukungan dari orang tua dan minat siswa untuk belajar Al - Qur’an Hadis dengan sungguh - sungguh. Oleh karena itu, guru berupaya untuk memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga membangkitka n semangat siswa untuk belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERNI MIFTAKHU DHUHROH
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:28
Last Modified: 22 Sep 2015 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item