PENGARUH METODE HYPNOTEACHING SERTA KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA KELAS VII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

DHANANG SRIHARYANTO CANDRA PAMUNGKAS, 12201173439 (2021) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING SERTA KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA KELAS VII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Hypnoteaching serta Kedisiplinan terhadap Motivasi belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Dhanang Sriharyanto Candra Pamungkas, NIM. 12201173439, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Tadjudin, S.Ag., M.Pd.I, NIP.196610022002121001. Kata kunci : Metode Hypnoteaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya tingkat kedidiplinan yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan dapat menyebabkan hasil belajar yang kurang baik siswa pada mata pelajaran keagamaan khususnya fiqih dikarenakan beberapa faktor. Faktor tersebut salah satunya bisa disebabkan dari penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang menggugah motivasi sehingga siswa belum terlibat dalam proses pembelajaran. Inovasi diperlukan dalam pembelajaran, kemudian salah satunya dengan menggunakan metode hypnoteaching. Metode Hypnoteaching merupakan suatu metode pembelajaran yang membantu peserta didik untuk fokus dan rileks dalam pembelajaran dengan memberikan suatu sugesti positif (dalam kondisi otak Alpha) dengan suatu perlakuan yang berkaitan dengan pikiran bawah sadar sehingga mampu mengkondisikan siswa untuk siap belajar. Selain metode pembelajaran ada juga rasa kedisiplinan siswa dalam belajar dan mengikuti pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi malas, tidak bersungguh-sungguh, dan kurang tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar 2) untuk menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar. 3) untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar 4) untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar 5) pengaruh metode hypnoteaching serta kedisiplinan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen Semu (Quasi Experiment), variabel bebas penelitian ini adalah metode hypnoteaching (X1) kedisiplinan (X2), dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi : seluruh Siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar yang berjumlah 122 siswa. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah purposive sampling, sampel 30 peserta didik, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data primer penelitian ini adalah angket dan tes peserta didik kelas eksperimen dan kontrol, dan data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA dua jalan. Hasil penelitian 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,769 atau p-value > 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 atau p-value < 0,05. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan kedisiplinan terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,485 atau p-value > 0,05. . 4) Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,689 atau p-value > 0,05. 5) Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Kademangan Blitar, dibuktikan dengan X1*X2 dengan Y1 memiliki nilai signifikansi 0,884 atau p-value > 0,05 dan X1*X2 dengan Y2 memiliki nilai signifikansi 0,708 atau p-value > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Spd 12201173439 Dhanang Sriharyanto Candra Pamungkas
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:05
Last Modified: 06 Dec 2021 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item View Item