PENGARUH PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

OKKY AGHNA MAGHRIZA, 12211173038 (2021) PENGARUH PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar" yang ditulis oleh Okky Aghna Maghriza, NIM. 12211173038, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Multirepresentasi, Pemahamanan Konsep, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan spesifik siswa yang berbeda-beda sehingga siswa mengalami hambatan ketika belajar yang mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar fisika pada siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar?, (2) Apakah ada pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar?, (3) Adakah pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar fisika kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah quasy eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe posttest only control design yang merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 61 siswa. Pengambilan sampel adalah dengan teknik porposive sampling dengan kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan meggunakan metode tes berupa posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa dan metode dokumentasi. Instrumen soal sebelum diujikan, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, menggunakan uji t-test dan manova dengan bantuan program komputes SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap pemahaman konsep fisika siswa, hal ini buktikan hasil uji statistik menggunakan uji t-test diperoleh thitung sebesar 3,011 dengan nilai sig. 0,004. (2) Ada pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan uji t-test diperoleh thitung sebesar 3,852 dengan nilai sig. 0,000. (3) Ada pengaruh pendekatan multirepresentasi terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa kelas ,hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan uji manova diperoleh fhitung sebesar 8,078 dengan nilai sig 0,000

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173038 Okky Aghna Maghriza
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:03
Last Modified: 07 Dec 2021 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item