STRATEGI GURU FIKIH DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALFIN CHOIRUR ROFIQI, 12201173406 (2021) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi penelitian kualitatif dengan judul “Strategi Guru Fikih dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Alfin Choirur Rofiqi, NIM. 12201173406, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru Fikih, Pembelajaran Efektif. Penguasaan strategi guru merupakan kemampuan dasar yang harus dimilki oleh setiap pendidik guna menunjang ketercapaian kompetensi maupun sub kompetensi dalam pembelajaran. Melalui penerapan strategi yang baik diharapkan seorang pendidik mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi sebuah pembelajaran sehingga akan tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan berkualitas. Hal ini akan mampu dicapai apabila didukung dengan kompetensi guru yang mumpuni serta kesadaran untuk mengelola proses pembelajaran dengan berpedoman pada azas-azas didaktik yang berlaku dalam setiap momentum pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru fikih dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru fikih dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru fikih dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi observasi berkelanjutan, triangulasi sumber triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi perencanaan guru fikih dalam mewujudkan pembelajaran efektif adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, materi ajar dan pemahaman materi secara mendalam oleh guru sebelum memberikan pemahaman untuk peserta didik dalam proses pemeblajaran. (2) Strategi pelaksanaan guru fikih dalam mewujudkan pembelajaran efektif adalah dengan memotivasi dan membangkitkan minat belajar siswa pada tahap awal pembelajaran. Kedua dengan pemilihan metode yang tepat, bervariasi, sesuai dengan materi dan minat belajar siswa. Ketiga pemilihan media yang bervariasi dalam menyampaikan pembelajaran. (3) Evaluasi yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajarn efektif adalah melaksanakan ujian, baik ujian jangka pendek (per bab/materi), ujian jangka panjang seperti ujian tengah semester dan akhir semester dan juga rapat rutin mingguan bagi para guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173406 Alfin Choirur Rofiqi
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:39
Last Modified: 05 Jan 2022 00:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23443

Actions (login required)

View Item View Item