STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN AGROWISATA BELIMBING DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN (Studi Kasus Agrowisata Belimbing Di Tulungagung)

ANGGA BAYU RENANDO, 17402163465 (2020) STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN AGROWISATA BELIMBING DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN (Studi Kasus Agrowisata Belimbing Di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Agrowisata Belimbing Dalam Meningkatkan Wisatawan (Studi Kasus Agrowisata Belimbing Di Tulungagung)” ini ditulis oleh Angga Bayu Renando, NIM. 17402163465, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin populernya tempat wisata yang didesain dalam bentuk agrowisata, dengan produk pertanian maupun buah buahan. Salah satu daya tarik pengembangan agrowisata ini adalah tanaman belimbing. Karena agrowisata belimbing ini bukan hanya memberikan kenyamanan dalam berwisata tetapi juga memberikan edukasi kepada para pengunjung yang ingin tahu lebih jauh mengenai tanaman ini. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka akan banyak wisatawan yang datang dengan tujuan sekedar rekreasi melepaskan lelah maupun untuk belajar tentang tanaman belimbing. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran agrowisata belimbing dalam meningkatkan wisatawan (2) Bagaimana strategi pengembangan agrowisata belimbing dalam meningkatkan wisatawan (3) Apa faktor pendukung dan penghambat agrowisata belimbing dalam meningkatkan wisatawan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data tersebut diperoleh melalui wawancaea, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data dan penilaian data temuan lapangan krmudian dikelompokkan untuk dilakukan analisis dengan menggunakan temuan sumber-sumber informasi. Pengecekan keabsahan temuan diuji menggunakan uji kredibilitas atau uji kepercayaan data hasil penelitian agar hasil penelitian yang dilakukan sudah sesuai. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa agrowisata belimbing di Tulungagung menerapkan strategi pemasaran bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi dan lokasi. Adapun strategi produk yang dilakukan adalah dengan menjaga kualitas dan mutu produk. Selanjutnya strategi harga yaitu penetapan harga berdasarkan kualitas. Selanjutnya strategi promosi yang dilakukan yang pertama dengan mulut ke mulut. Yang kedua melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, web. Kemudian strategi lokasi/distribusi telah dilakukan melalui supermarket, kerjasama dengan agen travel. Dalam pengembangan, agrowisata membangun fasilitas dengan inisiatif dari pengelola dan dari kritik saran pengunjung. Faktor penghambat yaitu kurangnya SDM dan modal dan faktor pendukukung yaitu menjadikan agrowisata sebagai tempat rekreasi dan edukasi. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pengembangan, Wisatawan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163465 ANGGA BAYU RENANDO
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:37
Last Modified: 08 Dec 2021 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item