IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA MA DARUSSALAM NGESONG SENGON JOMBANG

MUHAMMAD ALFIAN ROSYADI, 12212173016 (2021) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA MA DARUSSALAM NGESONG SENGON JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang” ini ditulis oleh Muhammad Alfian Rosyadi. NIM.12212173016, pembimbing Tutik Sri Wahyuni M.Pd. Kata kunci : Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Laju Reaksi Miskonsepsi pada materi pelajaran kimia sering terjadi pada proses pembelajaran. Pada beberapa sekolah masih banyak ditemukan siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi pelajaran kimia. Salah satu miskonsepsi yang sering terjadi pada materi pelajaran kimia adalah materi laju reaksi. Miskonsepsi pada materi laju reaksi apabila dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal pada pemahaman materi kesetimbangan kimia. Oleh karena itu perlu adanya tindakan untuk mengetahui apakah siswa menguasai konsep, belum paham konsep, atau miskonsepsi pada materi yang diajarkan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi adalah four-tier diagnostic test. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui keadaan miskonsepsi siswa kelas XI IPA MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang pada materi laju reaksi.(2) Mengetahui persentase miskonsepsi siswa kelas XI IPA MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang pada setiap sub konsep laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek peneltian terdiri dari 35 siswa kelas XI IPA MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik sampling jenuh. Instrumen soal dalam penelitian ini menggunakan four-tier diagnostic test. Instrumen divalidasi oleh ahli dan divalidasi empiris oleh siswa yang bukan termasuk subjek penelitian. Reliabilitas instumen soal sebesar 0,814 dengan kategori sangat tinggi. Pada uji miskonsepsi sebanyak 20 butir soal valid yang memiliki rentang tingkat kesukaran antara 0,61-0,91 dan daya beda antara 0,394-0,732 diujikan pada siswa. Hasil penelitian menunjukan (1) Keadaan miskonsepsi siswa memiliki persentase Paham Konsep 18,57%, Belum Paham Konsep 32,14%, Miskonsepsi 30,57%, Miskonsepsi Negatif 9,71% dan Miskonsepsi Positif 9%. (2) Miskonsepsi siswa pada setiap sub konsep laju reaksi memilliki persentase Teori Tumbukan 36,19%, Konsep Laju Reaksi 20%, Orde reaksi 29,53%, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi 35,1%. Dengan demikian disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa kelas XI IPA MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang pada materi laju reaksi secara keseluruhan tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173016 MUHAMMAD ALFIAN ROSYADI
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:20
Last Modified: 13 Dec 2021 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

View Item View Item