EFEKTIVITAS MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTsN 6 NGANJUK

ARI WULANDARI, 12210173121 (2021) EFEKTIVITAS MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTsN 6 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Ari. NIM 12210173121. 2021. Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTsN 6 Nganjuk. Skripsi.Tadris Bahasa Indonesia.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.IAIN Tulungagung. Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Model Induktif Kata Bergambar, Teks Deskripsi. Model pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan pendidik di kelas VII MTsN 6 Nganjuk dalam pembelajaran menulis teks deskripsi masih menggunakan metode ceramah. Hal tersebut membuat peserta didik kurang berantusias dalam mengembangkan ide-ide yang dimiliki. Model pembelajaran yang dibahas dalam penelitian ini yaitu model induktif kata bergambar dalam menulis teks deskripsi. Model induktif kata bergambar merupakan model yang merangsang siswa untuk berpikir secara spesifik dari sebuah gambar yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah kalimat. Model induktif kata bergambar didefinisikan sebagai cara yang digunakan pendidik dalam pengajaran materi teks deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah efektivitas model induktif kata bergambar dalam pembelajaaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTsN 6 Nganjuk? Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu kelas VII MTsN 6 Nganjuk. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dengan tiap kelas terdapat 31 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan probability Sampling jenis simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan yaitu Posttest menulis teks deskripsi. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 21.0. Bedasarkan rumusan masalah yang telah diajukan, maka hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat keefektivan yang positif dan signifikasi antara penerapan model induktif kata bergambar dengan pembelajaran menulis teks deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig dalam Independent samples t-test. Sig<0,05 dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Nilai 0.05 didapatkan karena peneliti menggunakan keakuratan 5%= 0,05. Efektivitas menulis teks deskripsi di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks deskripsi di kelas kontrol sebesar 67,5, dan di kelas eksperimen sebesar 83,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa posttest kelas eksperimen (tes menerapkan model induktif kata bergambar) lebih efektif dibandingkan dengan nilai posttest kelas kontrol (tes dengan pembelajaran konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173121 ARI WULANDARI
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:49
Last Modified: 14 Dec 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23499

Actions (login required)

View Item View Item