PENGARUH AKTIVITAS TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SISWA DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG (STUDY EXPLANATORY-MIXED METHODS)

ROZAMALA MAULIDA, 12506184046 (2020) PENGARUH AKTIVITAS TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SISWA DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG (STUDY EXPLANATORY-MIXED METHODS). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Aktivitas Tahfidz Al-Qur‟an terhadap Kecerdasan Siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung (Study explanatory mixed methods)” ini ditulis oleh Rozamala Maulida, dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. H. Kojin, M.A. Kata Kunci : Aktivitas Tahfidz Al-Qur‟an, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya aktivitas yang dilakukan siswa dalam menghafal al-Qur‟an, apakah dengan adanya aktivitas menghafal al-Qur‟an tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah aktivitas menghafal al-Qur‟an dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Adakah pengaruh aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan intelektual (IQ) siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? (2) Adakah pengaruh aktivitas tahfidz alQur‟an terhadap kecerdasan emosional (EQ) siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? (3) Adakah pengaruh aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? (4) Bagaimana aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? (5) Bagaimana dampak aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan intelektual (IQ), emosional (SQ), spiritual (SQ) siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam tesis ini adalah mixed methods explanatory sequential, yaitu penelitian gabungan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap penelitian yang diawali dari penelitian kuantitatif, kemudian diperdalam dengan penelitian kualitatif. Pada tahap terakhir, temuan dari dua penelitian akan digabungkan untuk dianalisis secara simultan, diinterpretasi dan dilakukan pembahasan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung sebesar 51,3%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung sebesar 76,3%.(3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung sebesar 62,8%.(4) Aktivitas tahfidz al-Qur‟an meliputi beberapa hal, antara lain adalah tekad yang kuat, waktu yang baik untuk menghafal al-Qur‟an dan metode yang digunakan dalam menghafal dan memuraja‟ah hafalan dan hal-hal yang harus dilakukan xii sebelum menghafal. (5) Dampak aktivitas tahfidz al-Qur‟an terhadap kecerdasan siswa di SMPI Sunan Gunung Jati Ngunut ada tiga pembagian yang pertama berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual siswa antara lain, nilai rapot siswa yang baik, siswa mempunyai daya ingat yang kuat dan dapat memenuhi tarjet hafalan. Terhadap kecerdasan emosional, terjalinnya kerukunan antar siswa, kemampuan siswa dalam mengendalikan emosi dan memotivasi diri. Terakhir terhadap kecerdasan spiritual, terlihat dari siswa yang mempunyai kesadaran dalam beribadah, kemampuan dalam menyesuaikan diri dalam lingkungan dan sikap sopan santun yang ditunjukkan siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143359 ROZAMALA MAULIDA
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:32
Last Modified: 13 Dec 2021 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item