TRIANA MARKAT LAILATUL MAHFIROH, 12204173108 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HERMENEUTIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (173kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu”, ditulis oleh Triana Markat Lailatul Mahfiroh, NIM 12204173108, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh M. Kes, Ph. D. Kata Kunci : Model pembelajaran Hermeneutika, pemahaman, keaktifan belajar Matematika dalam kehidupan sehari – hari penting. Peserta didik harus memiliki kemampuan dalam pemahaman dan keaktifan belajar. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran hermeneutika sangat mempengaruhi kemampuan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga, dalam hal ini peneliti mencari tahu apakah ada pengaruh model pembelajaran hermeneutika terhadap kemampuan pemahaman matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menentukan 1) Adanya pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. (2) Adanya pengaruh signifikasi Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173108 TRIANA MARKAT LAILATUL MAHFIROH |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 00:59 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 00:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23532 |
Actions (login required)
View Item |