PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HERMENEUTIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU

TRIANA MARKAT LAILATUL MAHFIROH, 12204173108 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HERMENEUTIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu”, ditulis oleh Triana Markat Lailatul Mahfiroh, NIM 12204173108, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh M. Kes, Ph. D. Kata Kunci : Model pembelajaran Hermeneutika, pemahaman, keaktifan belajar Matematika dalam kehidupan sehari – hari penting. Peserta didik harus memiliki kemampuan dalam pemahaman dan keaktifan belajar. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran hermeneutika sangat mempengaruhi kemampuan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga, dalam hal ini peneliti mencari tahu apakah ada pengaruh model pembelajaran hermeneutika terhadap kemampuan pemahaman matematika ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menentukan 1) Adanya pengaruh Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. (2) Adanya pengaruh signifikasi Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173108 TRIANA MARKAT LAILATUL MAHFIROH
Date Deposited: 15 Dec 2021 00:59
Last Modified: 15 Dec 2021 00:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23532

Actions (login required)

View Item View Item