SITI BARIROH FEBRIANI, 12402173329 (2021) REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG (Studi Kasus Pasar Papar Kediri). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (769kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (375kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pasar Papar Kediri)” ini ditulis oleh Siti Bariroh Febriani, NIM 12402173329 Pembimbing Bapak Nur Aziz Muslim, M.H.I. Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli. Selain itu, pasar juga menjadi tempat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan merupakan pusat penggerak perekonomian masyarakat. Maraknya perkembangan pasar modern menjadi ancaman bagi pasar tradisional. Program revitalisasi diadakan karena untuk dapat menyaingi pasar modern. Revitalisasi pasar juga dapat dilihat dari salah satu fungsi pasar yaitu pasar sebagai penopang utama perekonomian yang berhubungan secara langsung dengan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah pengaruh revitalisasi pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Papar Kediri? (2) Bagaimanakah strategi yang tepat dalam pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan Kepuasan Pedagang di Pasar Papar Kediri?. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi langsung, dan pencatatan dokumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknis Analisis SWOT. Untuk keabsahan temuan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan/kegigihan, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Dari analisis penelitian, dapat diketahui bahwa: Pengaruh Revitalisasi Pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Papar Kediri yakni, menggunakan Strategi analisis SWOT ada empat, Strategi SO: mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan kebersihan lingkungan pasar guna mempertahankan pelanggan, optimalisasi pembangunan dan revitalisasi dengan menggali dan mengajukan PAD yang ada di pasar Papar setiap tahunnya. Strategi WO: memberikan pengarahan kepada pedagang agar dapat memilah sampah dan menjaga kebersihan guna kepentingan bersama, melakukan penataan ulang pasar dengan melakukan pembinaan kepada para pedagang. Strategi ST: menjaga kualitas dagangan agar tidak kalah saing dengan pasar modern, menjaga kebersihan pasar dan merawat bangunan yang telah direvitalisasi guna menjaga kenyamanan konsumen. Strategi WT: melakukan pengarahan kepada pelaku usaha dalam segi pengetahuan pengelolaan barang yang ditawarkan, kreatifitas penataan produk, peningkatan pembinaan pedagang untuk merubah mindset dan mengenai promosi untuk menarik minat pengunjung atau masyarakat. Dari hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Pasar Papar berada pada kuadran I dimana posisi pasar dapat menggunakan strategi SO dalam pengelolaan pasar tersebut. Kata Kunci : Kepuasan Pedagang, Pasar Tradisional, Revitalisasi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pasar Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173329 Siti Bariroh Febriani |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 01:52 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23555 |
Actions (login required)
View Item |