SIFA KHASIANI SHOLIHA, 12205173249 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 4 BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (883kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (444kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (546kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (764kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (442kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Belajar Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek” ditulis oleh Sifa Khasiani Sholiha, NIM 12205173249, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar Intrinsik, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Daring mata pelajaran Matematika. Salah satu sebabnya adalah pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga pembelajaran masih dominan pada penjelasan guru. Selain itu, media yang digunakan guru kurang bervariasi dan menarik. Dengan demikian diperlukan media pembelajaran yang menarik dan efektif terutama pada pembelajaran jarak jauh. Penggunaan media audio visual dan motivasi belajar intrinsik menjadi upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media audio visual sebagai media yang bervariasi dan motivasi belajar intrinsic merupakan dorongan belajar dari dalam diri siswa. Rumusan penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pengguaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek? (3) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek? Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Populasi pada penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas V SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan bantuan software spss 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual dan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran matematika di SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173249 SIFA KHASIANI SHOLIHA |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 01:46 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23568 |
Actions (login required)
View Item |