STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI

AINAYA AFATIKHA, 12401173340 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Nasabah pada Produk Tabungan Haji di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri” yang ditulis oleh Ainaya Afatikha, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, NIM. 12401173340, dengan pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penduduk Indonesia khususnya di Kediri yang mayoritas muslim, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh Bank Muamalat Indonesia untuk meluncurkan produk tabungan haji yaitu tabungan iB Hijrah Haji dengan strategi untuk memasarkan produk tabungan haji untuk meningkatkan minat nasabah dengan melakukan promosi yang membuat masyarakat tertarik dan ingin mendaftar haji. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan Ib Hijrah Haji di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan asosiatif. Lokasi penelitian ini berada di Jl. Hasanuddin No. 21 Kel. Dandangan Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Metode dari pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta mempelajari berbagai dokumen yang terkait dengan topik yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat KCU Kediri adalah dengan promosi, periklanan dan membuat konten. Bank Muamalat juga menerapkan jemput bola yaitu mendatangi nasabah dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan melakukukan hal tersebut banyak masyarakat yang akhirnya mengetahui tentang Bank Syariah dan akad yang digunakan dalam setiap transaksinya. 2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat KCU Kediri yaitu yang pertama dari sisi internal seperti terbatasnya unit kantor dan Customer Service sehingga membuat antrian lama. Yang kedua kendala eksternal yaitu jangkauan lokasi yang jauh dan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap Bank Muamalat. 3) Upaya yang dilakukan Bank Muamalat KCU Kediri untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara mengarahkan nasabah untuk membuka web resmi Bank Muamalat nasabah memahami tentang tabungan haji dan prosedur transaksinya, kemudian nasabah bisa datang ke Kemenag yang sudah disediakan mobil keliling dan bisa juga dengan sistem jemput bola. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Promosi, Produk, Tabungan Haji

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Tabungan Haji
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173340 ANIAYA AFATIKHA
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:26
Last Modified: 03 Jan 2022 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23577

Actions (login required)

View Item View Item