IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG

NURLAILI, 12205173099 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Berbasis Online dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurlaili, NIM: 12205173099, Skripsi, Prgram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag, M.Pd Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Online, Motivasi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yaitu wabah Covid19 yang diharuskan seluruh pendidikan di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran di rumah atau pembelajaran online. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala para peserda didik dalam meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu guru di MIN 4 Tulungagung membuat dan merancang strategi baru yang berguna untuk tetap terlaksananya proses pembelajaran jarak jauh. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 4 Tulungagung? (2) Apa saja strategi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 di MIN 4 Tulungagung? (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 04 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan pembelajaran berbasis online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MIN 04 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi ini terletak di MIN 4 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, wali kelas V-B, V-C, guru bahasa jawa kelas V, dan peserta didik kelas V-C. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan waktu, meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran online di MIN 4 Tulungagung meliputi tahap perencanaan, yakni guru menggunakan kurikulum darurat, membuat RPP satu lembar dan menyiapkan bahan ajar. Tahap pelaksanaan pembelajaran, yang diawali dengan melakukan pembiasaan pagi, lalu pemberian materi pembelajaran, dan menyimpulkan pembelajaran. tahap terakhir yakni evaluasi pembelajaran terdiri dari tiga aspek, yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik, (2) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MIN 4 Tulungagung adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan multimedia dalam pembelajaran online, serta memberikan apresiasi berupa reaward kepada siswa. (3) faktor penghambat proses pembelajaran online dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu adanya gangguan signal serta keterbatasan kuota internet, minimnya perhatian, bimbingan dan fasilitas dari orang tua, minimnya interaksi antara guru dengan murid dengan maksimal. Sedangkan faktor pendukung dalam pembelajaran online yaitu: Tersedianya handphone yang digunakan dalam pembelajaran, adanya perhatian, bimbingan dan fasilitas dari orang tua, kerjasama antara guru dan wali murid, serta faktor pendukung lainnya yaitu faktor dari lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Nur 12205173099 Laili
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:15
Last Modified: 20 Dec 2021 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item