STRATEGI MITIGASI DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri)

MARITA, 12401173342 (2021) STRATEGI MITIGASI DALAM MEMINIMALISIR RISIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Mitigasi dalam Meminimalisir Risiko Pembiayaan Bermasalah sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah” studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri ini ditulis oleh Marita, NIM 12401173342, pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Banyaknya pembiayaan yang disalurkan oleh bank tidak menutup kemungkinan munculnya risiko yang ditanggung akan semakin tinggi. Salah satu risiko yang harus dihadapi adalah risiko kredit atau dalam perbankan syariah dikatakan sebagai risiko pembiayaan bermasalah. Tingginya risiko yang dihadapi bank membuktikan strategi yang dilakukan tidak begitu efisien. Hal ini penting untuk melakukan upaya mitigasi risiko agar dapat terminimalisir dan profitabilitas suatu bank tetap terjaga. Mitigasi risiko pembiayaan dilakukan sebagai bukti bentuk usaha bank agar risiko tidak berdampak buruk dalam kegiatan usaha bank yang nantinya tidak sesuai apa yang telah diharapkan. Strategi mitigasi menjadi hal pokok bagi suatu bank dimana strategi yang diterapkan akan menjadi tolak ukur pencapaian tujuan perbankan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi mitigasi risiko pembiayaan bermasalah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan BDM Funding, RM Funding dan nasabah pembiayaan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penerapan pembiayaan dan kelayakan nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri dilakukan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian. Analisis kelayakan nasabah dengan prinsip 5C, selain itu bank juga memiliki beberapa tahapan bentuk tindakan preventif dan represif dalam merealisasikan pembiayaan calon nasabah, 2) faktor penyebab pembiayaan bermasalah di PT. Bank Muamalat Tbk. KCU Kediri disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kesalahan SDM dan aspek manajemen bank, sedangkan faktor eksternal secara umum disebabkan oleh karakter nasabah, selain itu terjadinya musibah dan kebijakan pemerintah yang berlaku, 3) strategi yang digunakan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Kediri adalah dengan monitoring aktif dan pasif nasabah pembiayaan, mengelompokkan kualitas pembiayaan atau kolektibilitas pembiayaan sesuai dengan ketepatan angsuran masing-masing. Untuk strategi penanganan pembiayaan ada beberapa langkah yakni calling nasabah, memberikan surat peringatan, menawarkan 3R (Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring), melakukan musyawarah dan terakhir melakukan laporan di basyarnas dengan menunjuk pengadilan negeri sebagai penyitaan barang jaminan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173342 marita
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:34
Last Modified: 21 Dec 2021 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item