PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI NURUL MUTA’ALLIMIN SUMBERBUNTUNG BLITAR

NURUL FADILAH, 12205173299 (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI NURUL MUTA’ALLIMIN SUMBERBUNTUNG BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter terhdap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar” ini ditulis oleh Nurul Fadilah, NIM. 12205173299, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada masa pandemi COVID-19 ketika secara akademis kegiatan pembelajaran dilakukan secara online (daring) yang mengakibatkan pendidikan karakter peserta didik sedikit terabaikan. Untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik maka pendidikan karakter perlu diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemic COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar? (2) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemic COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar?. Adaapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar (2) untuk menjelaskan pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar (3) Untuk pengaruh secara bersama-sama pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumnetasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pendidikan karakter serta motivasi belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunkan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi untuk motivasi belajar peserta didik adalah 0,006. Untuk hasil belajar peserta didik adalah 0,001, serta pengaruh secara bersama-sama motivasi dan hasil belajar siswa adalah 0,005 dan semua hasil tersebut kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Penelitian ini selaras dengan hipotesis (H1), yaitu ada pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Muta’allimin Sumberbuntung Blitar. Semakin baik pendidikan karakter diterapkan di sekolah maka motivasi belajar dan hasil belajar yang dicapai siswa akan semakin meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173299 nurul fadilah
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:06
Last Modified: 21 Dec 2021 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item