EVARIKHATUL HIDAYAH, 12205173154 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 DI MI BUSTANUS SHIBYAN KARANGKEDAWANG MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam MeningkatkanKemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 di MI Bustanus Shibyan Karangkedawang Mojokerto” ini ditulis oleh Evarikhatul Hidayah, NIM. 12205173154, pembimbing Dr.H.Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran tematik.Walaupun saat ini masalah kreativitas belajar siswa sudah mendapat perhatian begitu besar oleh pemerintah dengan adanya perbaikan kurikulum pendidikan yang lebih memfokuskan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kreatifitas siswa. Tetapi kemampuan berpikir yang ada pada siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, peserta didik kesulitan dalam mengungkapkan ide dan gagasanmereka. Keberhasilan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif tidaklah terlepas dari berbagai strategi yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran. fokus penelitian ini adalah: (1)Bagaimana strategiguru dalam meningkatkan kemampuanberpikir kreatif lancar (fluency) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik di MI Bustanus Shibyan KarangkedawangMojokerto? (2) Bagaimana strategiguru dalam meningkatkan kemampuanberpikir kreatif luwes (flexibility) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik di MI Bustanus Shibyan KarangkedawangMojokerto? (3) Bagaimana strategiguru dalam meningkatkan kemampuanberpikir kreatif elaborasi (elaboration) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik di MI Bustanus Shibyan KarangkedawangMojokerto? (4) Bagaimana strategiguru dalam meningkatkan kemampuanberpikir kreatif orisinalitas (originality) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik di MI Bustanus Shibyan KarangkedawangMojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa reduksi data, display data, dan verivikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif lancar (fluency) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik adalah strategi strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. 2) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif luwes (flexibility) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik adalah strategi pembelajaran berbasis masalah. 3) strategi guru dalam meningkatkan kemampuanberpikir kreatif elaborasi (elaboration) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik adalah strategi pembelajaran out door. 4) Strategiguru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif orisinalitas (originality) siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik adalah strategi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173154 EVARIKHATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 02:44 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23626 |
Actions (login required)
View Item |