UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI REJAMULYA 02 KEDUNGREJA CILACAP

ISTIQOMAH, 12201173130 (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI REJAMULYA 02 KEDUNGREJA CILACAP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Religiusitas Peserta Didik di SD Negeri Rejamulya 02 Kedungreja Cilacap” ini ditulis oleh Istiqomah, NIM 12201173130, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam untuk menanamkan religiusitas peserta didik karena sejatinya guru agama dituntut tidak hanya mengajarkan ilmu pendidikan agama Islam saja dalam proses belajar mengajar, akan tetapi juga harus melakukan upaya-upaya lain yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan agama Islam. Penanaman religiusitas ini dapat memberikan dampak bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah. Guru memiliki tanggungjawab untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman serta bertakwa, terutama guru pendidikan agama Islam. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Rejamulya 02 Kedungreja Cilacap juga ikut berperan dalam menanamkan religiusitas peserta didik sehingga dapat menumbuhkan nilai-nilai keagamaan dalam diri peserta didik. Adapun fokus dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik di SD Negeri Rejamulya 02 Kedungreja Cilacap? (2) Bagaimana faktor pendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik di SD Negeri Rejamulya 02 Kedungreja Cilacap? (3) Bagaimana faktor penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik di SD Negeri Rejamulya 02 Kedungreja Cilacap? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik yaitu dengan membuat program-program keagamaan, yaitu : a) pembiasaan do’a sebelum dan sesudah pembelajaran, pembacaan Asmaul Husna, dan pembacaan surat pendek, b) penggunaan buku monitoring sholat, c) pembiasaan sholat duha, tadarus Al-Qur’an, dan hafalan surat pendek, d) kegiatan Peringatan Hari Besar Islam, dan e) kegiatan do’a bersama ketika mau ujian. (2) Faktor pendukung upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik yaitu : a) adanya kerjasama dari kepala sekolah dan bapak ibu guru, b) dukungan dari sekolah, c) adanya dukungan dari orang tua, d) semangat dari pengajarnya, e) kesadaran peserta didik, dan f) sarana dan prasarana. (3) Faktor penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan religiusitas peserta didik yaitu : a) hanya terdapat satu guru pendidikan agama Islam, b) kurangnya sarana dan prasarana, c) latar belakang keluarga peserta didik, d) cuaca yang tidak mendukung, e) jarak rumah tenaga pendidik, f) peserta didik yang malas, dan g) orang tua peserta didik yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173130 ISTIQOMAH
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:09
Last Modified: 23 Dec 2021 06:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item