PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) PADA MASA DARING DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DINA ALIFATUL MAULA, 12205173295 (2021) PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) PADA MASA DARING DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) pada Masa Daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Dina Alifatul Maula, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, NIM. 12205173295, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Siswa Slow Learner, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa adanya pandemi covid-19 ditahun 2020/2021. Sehingga muncul peraturan baru yang dibuat oleh menteri pendidikan bahwa pendidikan tidak dilaksanakan secara tatap muka melainkan memberlakukan sistem pembelajaran daring. Pada proses pembelajaran daring ini faktanya muncul beberapa masalah dan hambatan yang terjadi pada saat pembelajaran daring seperti pembelajaran menjadi kurang efektif, turunnya motivasi dan semangat belajar siswa slow learner bahkan siswa reguler lainnya. Terlebih lagi siswa slow learner adalah siswa yang mengalami masalah dalam belajar yang tentu membutuh kan perhatian lebih dari guru. Selain itu karena adanya beberapa kendala seperti ada yang belum mempunyai media elektronik sebagai penunjang proses pembelajaran. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai pembelajaran siswa lamban belajar (slow learner) pada masa daring di MI Miftahul Huda BanjarejoTulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu meliputi: (1) Bagaimana karakteristik siswa slow learner di MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran siswa slow learner pada masa pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung? (3) Adakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran siswa slow learner pada masa pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karaktristik siswa slow learner di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu siswa memiliki keterbatasan kapasitas kognitif, daya ingat yang rendah, kurang bisa konsentrasi dan tidak mampu mengungkap ide. (2) Implementasi pembelajaran siswa slow learner pada masa pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu meliputi rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian/ evaluasi Pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran siswa slow learner pada masa pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu: Faktor pendukung meliputi: Siswa memiliki minat dan semangat belajar, pendampingan orangtua siswa saat pembelajaran daring, orangtua memiliki HP dan dapat mengoperasikannya, kuota dan jaringan internet yang bagus. Faktor penghambat meliputi Kurangnya dukungan dari orangtua siswa, siswa tidak memiliki hp, terkendala koneksi internet, siswa telat mengumpulkan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12206173010 ISMA KARTIKASARI
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:23
Last Modified: 23 Dec 2021 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item