PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA

UMMI KHUSNIATIL KHOFIFAH, 12212173008 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA” ini ditulis oleh Ummi Khusniatil Khofifah, NIM 12212173008, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Modul, Nilai Keislaman, Laju Reaksi Kurikulum 2013 yang notabene dipakai dalam dunia pendidikan saat ini memuat aspek spiritual yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun, aspek ini belum sepenuhnya terpenuhi khususnya dalam ilmu kimia. Padahal dalam ilmu kimia memiliki kaitan erat dengan ayat-ayat alqur’an khususnya materi laju reaksi yang mendukung terwujudnya peningkatan sikap spiritual dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan modul yang merupakan sumber belajar alternatif bagi peserta didik yang diintegrasikan dengan nilai keislaman yang bersumber pada ayat-ayat al-qur’an. Tujuan penelitian : a) Untuk mengetahui kevalidan dari modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keislaman pada materi laju reaksi kelas XI SMA, b) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keislaman pada materi laju reaksi di kelas XI SMA, c) Untuk mengetahui kelayakan dari modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keislaman pada materi laju reaksi kelas XI SMA Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket repson peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua dosen kimia IAIN Tulungagung dan satu guru kimia MAN 4 Jombang. Subjek penelitian sebanyak 17 peserta didik yang berasal dari kelas XI MIA 3, XI MIA 4, dan XI MIA 5 di MAN 4 Jombang dengan menyebarkan angket respon peserta didik melalui Google Form dengan 19 pernyataan yang diajukan. Hasil penelitian : a) Berdasarkan hasil validasi pada modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keislaman pada materi laju reaksi kelas XI SMA menunjukkan persentase nilai rata-rata sebesar 87,6% pada segi materi dan 89% pada segi media yang termasuk dalam kategori sangat valid. b) Uji coba produk skala kecil mendapatkan respon yang sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 83,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keilaman pada materi laju reaksi kelas XI menarik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif bagi peserta didik. c) Berdasarkan hasil analisis validasi dan respon peserta didik, modul pembelajaran kimia terintegrasi nilai keislaman pada materi laju reaksi kelas XI SMA menunjukkan kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan di MAN 4 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kimia
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173008 UMMI KHUSNIATIL KHOFIFAH
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:57
Last Modified: 23 Dec 2021 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23702

Actions (login required)

View Item View Item