“STRATEGI PEMASARAN DECOY EFFECT DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DAN UNDANG – UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN”

BISMO HARYO PUTRO, 12101173076 (2021) “STRATEGI PEMASARAN DECOY EFFECT DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DAN UNDANG – UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN”. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

ABSTRAK Bismo Haryo Putro, 12101173076, Strategi Pemasaran Decoy Effect diTinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam dan Undang – Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing:Bapak Mukhamad Sukur, Shi, M.pd.i. Kata Kunci: Efek Umpan, Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Konsumen adalah elemen yang penting dalam perilaku konsumen, maka dalam upaya untuk memasarkan suatu produk, bagian penjualan dan pemasaran harus menganalisis, mempelajari dan memahami perilaku calon konsumen. Salah satu hal yang paling dilihat oleh konsumen dalam membeli suatu barang atau produk yaitu soal harga. Dari sisi konsumen , mereka berpikir bahwa semua pilihan yang diambil saat berbelanja sudah tepat sesuai kendalinya. Dari sisi produsen mereka tentu ingin membuat para konsumen itu membeli barangnya dengan harga yang paling mahal agar membuat konsumen menghabiskan uang yang lebih banyak. Pada penelitian ini, penulis amencoba membahas sebuah teknik psikologi marketing yang termasuk dalam consumer behavior yang dimana itu seringkali digunakan pelaku usaha terhadap konsumen di Indonesia untuk memanipulasi pilihan-pilihan konsumen tersebut yang bernama Decoy Effect (titik umpan) dan bagaimana pengaturan konsep decoy peffect dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Etika Bisnis Islam. Penulisan ini bersifat kualitatif menggunakan metode penulisan normatif yang berdasarkan pada pendekatan studi Pustaka undang-undang, hukum islam dan bahan hukum lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-analisis-kritis. Temuan penelitian adalah a) penerapan strategi marketing decoy effect dengan etika bisnis Islam dan b.) penerapan strategi marketing decoy effect dengan undang – undang perlindungan konsumen no 08 tahun 1999 Hasil analisis penulisan ini yaitu “Effect Umpan” merupakan umpan yang diberikan oleh pelaku usaha sebagai produk penengah dari dua buah produk yang dimana prodak ini bertujuan untuk memanipulasi psikologi konsumen untuk membeli produk yang lebih menguntungkan menurut produsen. Sebagai contoh yaitu salah satu brand kecantikan di Indonesia yang menggunakan konsep ini yaitu dengan cara menghasilkan tiga varian produk yang memiliki fungsi yang sama namun ditawarkan dengan harga yang berbeda dengan alasan bahwa varian tertentu memiliki fungsi yang lebih baik dari varian yang lain serta kemasan yang lebih mewah dibandingkan kemasan varian lainnya. Konsep decoy product dapat menyesatkan konsumen dalam memilih barang dan/atau jasa. Dalam UUPK, konsep penjualan decoy effect diatur dalam pasal 11 huruf c namun tidak diatur secara eksplisit dan menyeluruh. Sedangkan dari etika bisnis islam straegi marketing ini juga mengandung unsur gharar atau ketidak jelasan dalm produk yang dipasarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173076 BISMO HARYO PUTRO
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:39
Last Modified: 24 Dec 2021 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23703

Actions (login required)

View Item View Item