ULFA MUSLIKHAH, 17205163206 (2021) PENGARUH RASA PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kurikulum 2013 di Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ulfa Muslikhah, NIM. 17205163206, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S. Ag., M. Pd. Kata kunci: Rasa Percaya Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kurikulum 2013 sangat mengutamakan pembentukan karakter. Karakter yang dibentuk pada kurikulum 2013 salah satunya yaitu rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang tinggi dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi sangat berperan penting untuk terlaksananya proses belajar mengajar yang berlangsung. Hal tersebut dapat memicu peningkatan perolehan hasil belajar siswa. Peneliti ingin menghubungkan masalah rasa percaya diri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung sebanyak 32 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r_hitung =0,562 dan sig.= 0,000. Karena nilai r_hitung> r_tabel atau 0,562 > 0,0339 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap motivasi belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (2) Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r_hitung=0,762 dan sig.= 0,000. Karena nilai r_hitung> r_tabel atau 0,762 > 0,0339 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (3) Hasil uji Manova diperoleh nilai sig. 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 di kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163206 ULFA MUSLIKHAH |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23726 |
Actions (login required)
View Item |