THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SELF-ESTEEM AND STUDENTS’ SPEAKING PERFORMANCE OF THE SECOND GRADE STUDENTS AT MTs MA’ARIF UDANAWU BLITAR IN ACADEMIC YEAR 2020-2021

SYAHWA ADIRATNA NUR ANNISA ZUHRI, 12203173040 (2021) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SELF-ESTEEM AND STUDENTS’ SPEAKING PERFORMANCE OF THE SECOND GRADE STUDENTS AT MTs MA’ARIF UDANAWU BLITAR IN ACADEMIC YEAR 2020-2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zuhri, Syahwa Adiratna Nur Annisa. NIM. 12203173040. 2021. Hubungan antara Rasa Penghargaan Diri Siswa dan Performa Berbicara Siswa Kelas Delapan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2020/2021. Sarjana Tesis. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Nanik Sri Rahayu, M.Pd. Keywords : Rasa penghargaan diri, Performa berbicara, Pembelajaran daring Rasa penghargan diri merupakan salah satu aspek psikologis yang menentukan sejauh mana seseorang menghargai dan mempercayai kemampuannya terutama dalam hal berbicara. Penelitian terbaru yang sejenis oleh Ayu Wahyuni (2020) dilakukan di tengah pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara rasa penghargan diri siswa dan kemampuan berbicara mereka. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui apakah rasa penghargaan diri juga berkontribusi pada performa berbicara selama pembelajaran daring di tengah pandemi COVID-19 di tahun 2021. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara rasa penghargaan diri siswa dan performa berbicara siswa kelas delapan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara rasa penghargaan diri siswa dan performa berbicara siswa kelas delapan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penulis menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian korelasi atau hubungan antar variabel prediktor (rasa penghargaan diri) dan variabel kriterion (performa berbicara). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 39 siswa di salah satu kelas excellent. Data rasa penghargaan diri siswa diperoleh melalui pengisian angket via Google Form dan tes kemampuan berbicara siswa via video. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan koefisien korelasi Spearman Rho melalui Progam SPSS 24.0. Hasil analisis koefisien korelasi Spearman Rho menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi adalah 0,091. Dengan nilai signifikan (2 arah) adalah 0,575. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis null diterima yang berarti bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara rasa penghargaan diri siswa dan performa berbicara siswa kelas delapan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar tahun ajaran 2020/2021. Implikasi dari penelitian ini yaitu guru Bahasa Inggris bisa membiarkan siswa untuk mengeksplor potensi berbicara mereka dengan memfasilitasinya dengan beragam kegiatan berbicara. Denga cara ini, diharapkan rasa penghargaan diri siswa akan meningkat secara teratur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 2203173040 SYAHWA ADIRATNA NUR ANNISA ZUHRI
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:01
Last Modified: 28 Dec 2021 01:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23750

Actions (login required)

View Item View Item