PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MAMBA’US SHOLIHIN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015

NURHIDAYAH, TITIN (2015) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MAMBA’US SHOLIHIN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka fix.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mamba’us Sholihin Blitar Tahun Ajaran 2014/2015” yang ditulis oleh Titin Nurhidayah ini dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: profesionalisme, prestasi, matematika Profesionalisme guru merupakan suatu kondisi dimana tujuan dan kualitas keahlian serta kewenangan dalam bidang pendidikan yang utama dalam pengajaran yang menjadi mata pencaharian. Guru profesional adalah guru yang berkualitas, berkompetensi dan mempengaruhi proses belajar mengajar sehingga mampu mendatangkan prestasi belajar yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan ajar Ketiga, kemampuan guru dalam mengelola kelas. Dan Keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan dan proses belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana profesionalisme guru pada mata pelajaran matematika di SMP Mamba’us Sholihin, 2) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMP Mamba’us Sholihin dan 3) mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Mamba’us Sholihin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Mamba’us Sholihin yang berjumlah 340, kemudian karena populasinya besar maka penulis dalam penelitian ini menggunakan sample random atau acak yaitu mengambil sampel 15% dari jumlah siswa SMP Mamba’us Sholihin sebanyak 53 siswa. Analisis data menggunakan statistic dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru matematika di SMP Mamba’us Sholihin Blitar berada pada kualifikasi tinggi. sebanyak 47 siswa dari 53 sampel siswa jumlah skor rata-rata berada pada klasifikasi sedang, yakni 51-75. 2) Prestasi hasil belajar matematika siswa SMP Mamba’us Sholihin Blitar tergolong baik, karena nilai rata-rata matematika siswa, yaitu dari 53 siswa adalah 86,22. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan profesionalisme guru matematika terhadap prestasi belajar matematika SMP Mamba’us Sholihin Blitar. Dari analisis product moment diketahui bahwa nilai r = 0,788 dan r2 = 0,620944, angka tersebut terletak pada angka 0,61- 0,80. Kemudian nilai thitung > ttabel yakni 9,14028248 > 2,00758 pada taraf signifikasi 5% yang berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y itu adalah terdapat korelasi yang cukup kuat. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam melihat sebarapa besar kontribusi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP Mamba’us Sholihin maka diuji dengan koefisiensi determinasi yakni, KP = 0,62 x 100% = 62%. Jadi, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika ditentukan atau dipengaruhi oleh profesionalisme guru sebesar 62%, maka 38% lagi ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: TITIN NURHIDAYAH
Date Deposited: 18 Dec 2015 03:17
Last Modified: 18 Dec 2015 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item