NAZILATUL MAULA, 12204173109 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Nazilatul Maula, NIM. 12204173109, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Web, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya minat belajar siswa yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan mudah bosan. Maka dari itu peneliti berusaha membuat inovasi melalui pengembangan media berbasis web dengan konsep yang mudah dan tampilan yang menarik agar membantu siswa dalam proses pembelajaran daring maupun tatap muka terbatas lebih interaktif. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web untuk meningkatkan minat belajar siswa MTsN 2 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web untuk meningkatkan minat belajar siswa MTsN 2 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web untuk meningkatkan minat belajar siswa MTsN 2 Blitar. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE. Proses penelitian dilakukan di MTsN 2 Blitar dengan subjek penelitian 5 siswa kelas VIII D sebagai skala kecil dan 31 siswa kelas VIII D sebagai skala besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, dan soal posttest. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil dari analisis kevalidan dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 3,64. Hasil validasi ahli media sebesar 3.5. Hasil validasi angket respon siswa sebesar 3,5. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. (2) Hasil dari analisis kepraktisan dapat diketahui bahwa hasil respon siswa skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 79,58 %. Sedangkan hasil respon siswa pada skala besar diperoleh rata-rata sebesar 82,05 %. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil respon siswa pada skala besar sebesar 2,47 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web telah praktis sesuai dengan kriteria kepraktisan. (3) Hasil dari analisis keefektifan dapat diketahui bahwa hasil soal posttest pada skala kecil sebesar 80%. Sedangkan hasil soal posttest pada skala besar sebesar 82,35%. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil soal posttest sebesar 2,35%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web telah efektif sesuai dengan kriteria keefektifan. 4) Hasil rata-rata peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran sebesar 0,27. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173109 Nazilatul Maula |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 01:19 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 01:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23762 |
Actions (login required)
View Item |