STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII J DI SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

AGUNG SANTOSO, 12210173136 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII J DI SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII J di SMP Negeri 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Agung Santoso , NIM. 12210173136, Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Keterampilan Menulis Empat keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia ialah keterampilan menulis. Keterampilan menulis itu sendiri adalah keterampilan berbahasa untuk mengungkapkan gagasan perasaan atau pikiran yang dirangkai dalam bentuk tulisan. Dalam hal keterampilan menulis, strategi guru sangat mempengaruhi dalam keberhasilan menulis siswa. Jika guru menerapkan strateginya dengan tepat dan pemilihan strategi yang sesuai maka hal itu dapat menunjang pembelajaran sehingga keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan terutama dalam menulis teks eksplanasi. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengkaji lebih lanjut tentang strategi guru dalam mengajar keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Srengat Blitar. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari peneliti setelah mendapatkan data. Pengecekan keabsahan data, peneliti melalui tahap perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini strategi pembelajaran kontekstual dalam menulis teks eksplanasi dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi pembelajaran kontekstual guru Bahasa indonesia dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII J di SMP Negeri 1 Srengat Blitar?. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII J di SMP Negeri 1 Srengat Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kontekstual dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII J di SMP Negeri 1 Srengat Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII J di SMP Negeri 1 Srengat Blitar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya strategi pembelajaran kontekstual hasil dari pembelajaran menjadi baik. Siswa mampu menuliskan teks eksplanasi sesuai strukturnya dan membuat siswa menjadi lebih kreatif. Sebagian besar siswa mudah memahami penyampaian materi yang disampaikan guru dengan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual. Meskipun masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi, hal tersebut berkaitan dengan bosannya siswa dengan strategi guru yang monoton dan menjadikan kurangnya ketertarikan mereka dalam materi teks eksplanasi. Akan tetapi dengan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual siswa merasa tertarik dan merangsang pikiran mereka untuk berfikir kreatif dan memperhatikan saat mengikuti pembelajaran di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Agung 12210173136 Santoso
Date Deposited: 31 Dec 2021 06:47
Last Modified: 31 Dec 2021 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item