FITRIANA, LULUK (2011) PENGARUH ADVERSITY QOUTIENT(AQ) DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI Dan MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK KUBUS Dan BALOK KELAS VIII MTsN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Cover-Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Adversity Quotient (AQ), Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika Adversity Quotient (AQ) adalah kecerdasan mengatasi kesulitan dan mengubah kesulitan menjadi peluang. Ada tiga tipe anak, yaitu: quitter, camper, dan climber. AQ sangat diperlukan dalam belajar matematika. Siswa mempunyai AQ tinggi memiliki motivasi dan prestasi belajar tinggi. Faktor dominan pembentuk AQ adalah sikap pantang menyerah. Kesulitan bukan dihindari, melainkan keberanian perlu ditumbuhkan dalam diri siswa untuk menghadapi kesulitan. AQ lebih banyak berkembang di masa kecil seseorang. Sehingga penerapannya dalam pembelajaran matematika sebaiknya dimulai dari sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas VIII MTsN Karangrejo?. 2) Apakah terdapat pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTsN Karangrejo?. 3) Apakah terdapat pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas VIII MTsN Karangrejo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII MTsN Karangrejo. 2) Untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Motivasi belajar matematika siswa Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok kelas VIII MTsN Karangrejo. 3) Untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok Kelas VIII MTsN Karangrejo. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas dalam penelitian ini adalah Adversity Quotient (AQ) dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi(Y1) dan motivasi(Y2) belajar matematika siswa. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTsN xiv Karangrejo yang berjumlah 218 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Karangrejo mulai tanggal 01-30 April 2011. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test dan chi-square. Teknik analisis t-test digunakan untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi dan pengaruh Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi. Sedangkan chi-square digunakan untuk mengetahui pengaruh Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi dan motivasi. Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi dengan nilai thitung = 4,608 dan 4,628 > ttabel = 2,000 (5 %) (2). Ada pengaruh yang signifikan Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dengan nilai thitung = 2,682 dan 2,725 > ttabel = 2,000 (5 %) (3). Ada pengaruh yang signifikan Adversity Qoutient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi dan motivasi dengan nilai X2 hitung = 22,468 > X2 tabel = 11,1 (5 %). Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 20102011, Ada pengaruh yang signifikan Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 20102011, Ada pengaruh yang signifikan Adversity Quotient dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 20102011.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 02:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2378 |
Actions (login required)
View Item |