FARIDA SHINDI YULIANI, 12210173089 (2021) EFEKTIVITAS METODE KNOW WANT LEARN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Evektifitas Metode Know Want Learn Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII di MTs Darissulaiamaniyyah” ini ditulis oleh Farida Shindi Yuliani, NIM 12210173089, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd Kata Kunci : Efektivitas, metode Know Want Learn, membaca pemahaman, teks ekksposisi. Membaca pemahaman merupakan kegiatan yang penting dilakukan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran kegiatan membaca seorang siswa tidak hanya mempu melafalkan kata tapi juga harus mampu memahami isi bacaan dari sebuah teks. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di MTs Darissulaimaniyyah di kelas VIII menemukan bahwa mayoritas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi siswa masih tergolong rendah, hal itu disebabkan karena tidak adanya minat mebaca siswa dan pembelajaran membaca yang monoton dan tidak bervariasi. Oleh karena itu penelitian yang berjudul “Efektivitas Metode Know Want Learn dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah” ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana efektivitas metode Know Want Learn dalam pembelajaran membaca pemahaman teks Eksposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian pretest- postest control group. Variabel bebas dalam peneltian ini yaitu Metode Know Want Learn dan variabel terikat membaca pemahaman teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII, keseluruhan siswa berjumlah 57 dan terbagi kedalam tig akelas A,B,C sampel yang digunakan dlaam penelitian ini yaitu kelas A sebagai kelas enksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Validitas data dalam penelitian ini berupa validitas isi dilakukan oleh expert judgement yaitu Dosen Bahasa Indonesia sedangkan validitas konstruk menggunakanbantuan pogram SPSS versi 22. Reliabilotas dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22 dengan rumus Alpha Cornbach. Analisis data menggunakan rumis uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS versi 22. Uji prasyarat menunjukkan bahwa berdistribusi normal namun tidak homogen. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil data penelitian yang menunjukkan bahwa metode Know Want Learn efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah. Hal itu ditunjukkan dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed ) sebesar 0,001 atau (Asymp. Sig. (2-tailed ) 0,001 < 0,05. Selain itu hasil gain skor kelompok kontrol sebesar 24,32 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai gain skor sebesar 50,15. Jadi, kelas eksprimen memperoleh nilai gain skor lebih besar dari pada kelas kontrol, sehingga metode Know Want Leard terbukti efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173089 FARIDA SHINDI YULIANI |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:32 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23795 |
Actions (login required)
View Item |