ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETERNAK AYAM PETELUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus UD Bima Pratama Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar)

KHUSNUL KHOTIMAH, 12402173156 (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETERNAK AYAM PETELUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus UD Bima Pratama Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Ayam Petelur dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus UD Bima Pratama Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Khusnul Khotimah, NIM. 12402173156, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Usaha peternakan ayam petelur mengalami perkembangan yang sangat pesat namun masyarakat belum banyak mengetahui dan mengerti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan peternak ayam petelur dalam perspektif ekonomi islam . Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi usaha ayam petelur dalam perspektif ekonomi islam ini terbagi menjadi dua yaitu: 1) faktor internal diantaranya bibit ayam, pemberian pakan dan air minum, vitamin, kandang, tenaga kerja dan hasil produksi dan untuk 2) faktor eksternal yaitu permintaan dan penawaran. Agar dalam menjalankan usaha ayam petelur dapat menghasilkan produksi telur yang optimal maka perlu memperhatikan faktorfaktor apa saja yang dapat mempengaruhi pendapatan peternak ayam petelur. Fokus penelitian skripsi ini yaitu: (1) Apa saja faktor internal yang mempengaruhi pendapatan peternak ayam petelur di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dalam perspektif ekonomi islam (2) Apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi pendapatan peternak ayam petelur di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dalam perpektif ekonomi islam. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif dengan jenis kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan pengamat, trianggulasi dan pemeriksaan temuan sejawat. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, perusahaan peternakan ayam petelur UD Bima Pratama dalam menjalankan usaha ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan diantaranya yaitu faktor internal dan faktor ekternal, untuk faktor internal yaitu: Bibit ayam petelur (DOC), pemberian pakan dan air minum, vitamin, kandang, tenaga kerja,dan hasil produksi. Dan untuk faktor ekternalnya yaitu: permintaan dan penawaran. Secara bersama-sama dapat mempengaruhi terhadap hasil pendapatan peternak ayam petelur dalam perspektif ekonomi islam. Kegiatan usaha peternakan ayam petelur UD Bima Pratama telah sesuai dengan perspektif ekonomi islam. dilihat dari cara perusahaan mendapatkan penghasilan yang baik, bekerja keras dengan jujur sehingga pendapatan yang dihasilkan halal dan dapat dipergunakan untuk kemanfaatan. Kata Kunci: Pendapatan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Ayam Petelur, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173156 KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:31
Last Modified: 04 Jan 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23804

Actions (login required)

View Item View Item