BAGUS BUDI PRASETYO, 12205173155 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MIN 2 BLITAR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (797kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MIN 2 Blitar “ yang di tulis oleh Bagus Budi Prasetyo, NIM. 12205173155, Guruan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Faktor-faktor Pembelajaran daring, media pembelajaran daring Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika untuk kelas 3 pada semester 2, pada masa pandemi wabah covid-19 yang masih belum menunjukkan meredanya di Indonesia dan lingkungan sekitar peneliti yang mengakibatkan untuk pembeljaran yang seharusnya dilakukan tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring. Matematika merupakan mata pelajaran yang perlu dijelaskan secara langsung dan perlu proses pemahaman dari peserta didik yang belum tentu sekali mendengarkan atau melihat penjelasan baik dari video pembelajaran dari guru bahkan dari youtube yang dibagikan. pentingnya pembelajaran matematika untuk peserta didik kelas 3 dengan tujuan untuk mampu menyelesaikan sebuah masalah dengan penuh tanggung jawab. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika semester 2 siswa kelas III di MIN 2 Blitar tahun ajaran 2021/2022, 2) Bagaimana media yang dapat mengefektifkan strategi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika semester 2 siswa kelas III di MIN 2 Blitar tahun ajaran 2021/2022?, 3) Faktor-faktor apa yang dapat mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika semester 2 siswa kelas III di MIN 2 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Sumber data diperoleh dari yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penlitiannya : 1) Strategi guru dengan menggunakan teknik demonstrasi melalui video call kepada peserta didik sangat efektif terbukti dari keaktifan dari peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran matematika. didik dalam melancarkan pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh guru. 2) media pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan video pembelajaran baik dari guru sendiri atau dari youtube, kemudian aplikasi whatsapp, serta google form untuk melatih peserta didik. 3) faktor-faktor yang membantu mengefektifkan pembelajaran terdapat dua yaitu faktor fasilitas dan faktor peran orangtua untuk mendidik anak-anaknya atau peserta
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173155 BAGUS BUDI PRASETYO |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 04:09 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23816 |
Actions (login required)
View Item |