STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN METODE HAFALAN JUZ ‘AMMA/SURAT PENDEK PESERTA DIDIK DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RIZKI AINUR ROHMAH, 17201163305 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN METODE HAFALAN JUZ ‘AMMA/SURAT PENDEK PESERTA DIDIK DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Metode Hafalan Juz ‘Amma/Surat Pendek Peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rizki Ainur Rohmah, NIM. 17201163305, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2021 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag Kata Kunci: Strategi Guru, Hafalan Juz ‘Amma Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah konteks di dalam Pendidikan bahwasanya, strategi merupakan teknik yang harus dimiliki oleh pendidik maupun calon pendidik sebagai kualitas atau layak tidaknya menjadi seorang pendidik. Guru merupakan orang tua kedua di sekolah, maka dari itu guru mengupayakan anak didiknya bisa membaca al-Qur’an bahkan untuk menghafalkannya. Dalam hal ini, peneliti memaparkan strategi guru dalam meningkatkan metode hafalan juz ‘amma/surat pendek peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian: 1)Bagaimana strategi guru, 2)Bagaimana hambatan strategi guru, dan 3)Bagaimana dampak strategi guru dalam meningkatkan metode hafalan juz ‘amma/surat pendek peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan Penelitian: 1)Untuk mendiskripsikan strategi guru, 2)Untuk mendiskripsikan hambatan strategi guru, dan 3)Untuk mendiskripsikan dampak strategi guru dalam meningkatkan metode hafalan juz ‘amma/surat pendek peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan menggunakan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Darul Falah. Data dari guru dan siswa. Metode dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Penelitian ini melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam meningkatkan hafalan: diusahakan tidak membebani anak, target bisa tercapai, menggunakan metode tilawati, pemberian motivasi, pemberian fasilitas. 2) hambatan strategi guru dalam meningkatkan metode hafalan: kemampuan bacaan siswa, adanya siswa yang tidur saat proses hafalan berlangsung, kurangnya penguasaan guru dalam metode belajar. Solusinya dengan terus mengadakan evaluasi. 3) dampak strategi guru dalam meningkatkan hafalan yaitu: a) dampak positif: siswa tidak terbebani dalam menghafal, sering muroja’ah, mendorong menjadi pribadi yang baik, lebih mempercepat hafalan. b) dampak negatif: malas, adanya kalimat yang sulit jadi malas menghafal, capek, serta badan tidak fit. ABSTRACT The thesis with the title "Teacher's Strategy in Improving the Juz 'Amma Memorization Method/Short Letters for Students at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung" was written by Rizki Ainur Rohmah, Register Number. 17201163305, Islamic Religious Education (PAI), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training (FTIK), State Islamic Institute (IAIN) of Tulungagung in 2021 Advisor by Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag Keywords: Teacher's Strategy, Memorizing Juz 'Amma The research in this thesis is motivated by a context in education that is, strategy is a technique that must be possessed by educators and prospective educators as a quality or worthy of being an educator. The teacher is the second parent at school, therefore the teacher strives for his students to be able to read the Qur'an and even memorize it. In this case, the researcher describes the teacher's strategy in improving the memorization method of juz 'amma/short letters of students at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. The focus of the research are: 1) What is the teacher's strategy, 2) What are the obstacles to the teacher's strategy, and 3) What is the impact of the teacher's strategy in improving the memorization method of juz 'amma / short letters of students at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Research objectives: 1) To describe the teacher's strategy, 2) To describe the barriers to the teacher's strategy, and 3) To describe the impact of the teacher's strategy in improving the memorization method of juz 'amma/short letters of students at MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Approach using qualitative. The research location is at MTs Darul Falah. Data from teachers and students. Methods by means of observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, data verification. This study checks the validity of the data by extending observations, increasing persistence, and triangulation. The results of this research showed that: 1) the teacher's strategy in improving memorization: trying not to burden the child, the target can be achieved, using the tilawati method, providing motivation, providing facilities. 2) the obstacles to the teacher's strategy in improving the memorization method: students' reading ability, the presence of students sleeping during the memorization process, the lack of teacher mastery in learning methods. The solution is to continue to conduct evaluations. 3) the impact of the teacher's strategy in improving memorization, namely: a) positive impact: students are not burdened with memorizing, often muroja'ah, encourage being a good person, accelerate memorization. b) negative impacts: lazy, difficult sentences become lazy to memorize, tired, and the body is not fit.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163305 RIZKI AINUR ROHMAH
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:57
Last Modified: 24 Jan 2022 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item